Panduan Istilah-Istilah Penting Pada Detektor Logam

Mendeteksi logam untuk menemukan nugget emas ataupun harta karun bisa menjadi profesi sekaligus hobi. Tidak sedikit orang yang ingin membeli detektor logam untuk mencari harta karun sebagai hobi yang menyenangkan. Apapun tujuan Anda membeli alat deteksi logam, pastikan memahami beberapa istilah-istilah pentingnya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan deretan istilah-istilah yang perlu Anda pahami tersebut:

Frekuensi

Istilah pertama yang perlu Anda pahami adalah frekuensi. Frekuensi mengukur jumlah medan magnet yang akan dikirimkan alat ke tanah. Satuan yang digunakan adalah kilohertz. Setiap logam bereaksi pada frekuensi yang berbeda karena logam memiliki karakteristik dan konduktivitas berbeda.

Multi Frekuensi

Selain istilah frekuensi, Anda juga harus mengenal istilah multi frekuensi. Jika alat deteksi memiliki fitur multi frekuensi itu artinya alat bisa digunakan pada beberapa frekuensi atau rentang frekuensi secara bersama-sama. Jadi target logam yang dicari lebih luas hanya dengan satu alat saja.

Ferrous

Ferrous merupakan logam yang mengandung besi. Sedangkan non-ferrous merupakan logam yang tidak bersifat magnetis. Contoh logam non-ferrous yaitu emas, perak, kuningan, timbal, nikel, dan timah.

Control Box

Control box merupakan salah satu komponen dari alat deteksi logam. Di dalam control box berisi beberapa komponen lain seperti pengaturan dan kontrol, speaker, prosesor atau mesin, dan juga baterai. Letak dari komponen ini berada di bagian paling atas dari alat deteksi logam.

Search Coil

Control box berada di paling atas alat, sementara search coil berada di paling bawah. Fungsi utama search coil yaitu mencari atau mendeteksi logam di tanah. Ukuran serta bentuk komponen ini beragam sehingga bisa disesuaikan kebutuhan. Biasanya jika kumparan besar, maka daya tembusnya lebih dalam.

Interference

Interference merupakan semua hal yang memiliki medan elektromagnetik. Beberapa contoh dari interference yaitu telepon seluler dan saluran listrik. Keduanya bisa mengganggu sinyal alat deteksi Anda.

Mineralisasi

Mineralisasi merupakan kandungan besi dan garam yang berada di dalam tanah. Contoh tanah mineral yang bisa mengganggu sinyal alat yaitu pasir hitam di pantai, garam di pasir pantai, kemerahan di tanah, dan lain sebagainya. 

Ground Balance

Ground balance merupakan salah satu fitur penting yang harus ada pada setiap alat deteksi, terutama jika Anda serius ingin mencari emas dan harta karun. Fitur ini menyesuaikan berbagai jenis tanah dan mineralisasi agar hasil akurat.

Diskriminasi

Selain emas dan harta karun berharga, tanah juga mengandung logam dan benda lain yang mungkin terdeteksi oleh alat. Diskriminasi merupakan fitur yang mampu menyaring berbagai logam dan benda agar tidak terbaca. Jadi sinyal yang muncul hanya dari benda-benda yang telah Anda atur di pengaturan.

Notch

Notch merupakan salah satu dari segmen diskriminasi. Anda mungkin akan membuang sampah ketika mencari emas atau harta karun. Jadi Anda tidak akan mengambil banyak sinyal sampah.

Target Separation

Istilah terakhir yang perlu Anda pahami adalah target separation. Fitur ini termasuk penting juga untuk mengetahui seberapa baik alat deteksi dalam mengidentifikasi target yang dekat. Sebelum membeli, tanyakan terlebih dahulu mengenai target separation ini.

Itulah panduan istilah-istilah penting yang harus Anda ketahui saat ingin membeli detektor logam. Minelab merupakan brand yang menawarkan alat deteksi logam untuk level pemula, mid range, sampai profesional. Anda yang masih pemula bisa memilih beberapa seri seperti Go-Find, Vanquish, Equinox, dan lain sebagainya. Pastikan membeli produk Minelab asli agar bisa mendapatkan garansi. Produk yang asli juga lebih tahan lama sehingga bisa digunakan untuk waktu yang panjang. Informasi detail mengenai produk yang ditawarkan bisa dilihat di www.minelab.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *