Penyebab Bayi Kuning yang Sering Terjadi di Awal Kelahiran
Bayi baru lahir biasanya mengalami salah satu masalah kesehatan yang dikenal dengan nama penyakit bayi kuning atau dalam bahasa medis disebut jaundice. Seperti namanya, penyakit ini ditandai dengan berubahnya warna kulit menjadi kekuningan mulai dari wajah, telapak tangan, telapak kaki, dada, serta putih mata. Anda perlu mengetahui penyebab bayi kuning untuk melakukan penangan.  Pada dasarnya, bayi kuning disebabkan oleh zat bilirubin yang meningkat di dalam sel darah serta jaringan tubuh lain. Zat tersebut lah yang membuat Si Kecil menjadi menguning. Semakin banyak kandungan zatnya, maka akan semakin berbahaya untuk Si Kecil. Ada beberapa faktor yang bisa memicu peningkatan bilirubin yaitu:
  • Bayi prematur
Faktor pertama yang bisa menyebabkan penumpukan bilirubin di sel darah dan jaringan tubuh adalah lahir belum waktunya atau prematur. Karena lahir secara prematur, fungsi hati bayi belum sempurna. Oleh sebab itu, tingkat bilirubin pun menjadi tinggi.
penyebab bayi kuning
penyebab bayi kuning
  • Penurunan berat badan
Bayi baru lahir bisa mengalami penurunan berat badan apabila kekurangan asupan ASI (Air Susu Ibu). Oleh sebab itu, pastikan Si Kecil mendapatkan ASI yang cukup karena hanya itu sumber nutrisinya di awal kelahiran.
  • Kelahiran dengan metode induksi
Ketika proses persalinan tidak seperti seharusnya, biasanya dilakukan metode induksi atau merangsang kontraksi. Metode induksi menyebabkan oksitosin dalam tubuh bayi meningkat sehingga terjadi penyakit kuning saat sudah lahir ke dunia.
  • Faktor lain
Selain tiga faktor di atas, ada beberapa faktor lain yang bisa memicu menumpuknya bilirubin. Adapun faktor tersebut yaitu infeksi selama masa kehamilan, ibu hamil yang menderita diabetes, serta kelainan pada sel darah merah.  Itulah informasi mengenai penyebab bayi kuning yang sering terjadi pada bayi di awal kelahirannya. Agar Si Kecil tidak semakin rewel, jangan lupa memberikan popok yang nyaman dan aman. MAKUKU SAP Diapers hadir untuk bayi baru lahir dalam ukuran NB. Beberapa keunggulannya yaitu permukaan lembut seperti sutra, anti gumpal, anti bocor, dan anti ruam. Lihat varian yang ditawarkan oleh MAKUKU SAP Diapers di website http://www.makuku.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *