Pengertian Bantuan Sosial dan Siapa Saja Penerimanya
Bansos atau bantuan sosial merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang umumnya mengalami risiko sosial. Bagi yang ingin tahu lebih detail terkait pengertian bantuan sosial, kami di sini akan menjelaskan informasinya secara detail. Bansos merupakan program pemerintah yang sudah disalurkan sejak lama. Bantuan ini disalurkan makin intens ketika aturan PPKM berlaku di berbagai daerah yang berpotensi terpapar corona atau Covid-19.

Penjelasan dan Aturan Bansos Menurut Undang-Undang

Bantuan sosial merupakan sebuah program yang diatur oleh pemerintah. Aturannya yaitu pada Undang Undang 14 Tahun 2019 terkait Pekerja Sosial. Peraturan tersebut mengubah Undang Undang Nomor 11 Tahun 2009 yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial. Pengertiannya menurut undang undang yang kami paparkan di atas, bantuan sosial merupakan bantuan dari pemerintah baik itu berupa uang, barang maupun jasa. Bantuan akan diberikan kepada individu, keluarga, maupun kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu atau rendan terhadap risiko sosial. Pengertian bantuan sosial juga dijelaskan di dalam Perpres Nomor 63 Tahun 2017. Semua terkait program tersebut telah diatur baik jenis, penyaluran hingga siapa saja yang berhak untuk menerimanya.

Pengelolaan Bantuan Sosial

Selain aturan terkait siapa yang berhak untuk mendapatkan bantuan, pemerintah juga bertanggung jawab terkait pengelolaannya. Sama seperti aturan terkait penyalurannya, ada juga undang undang yang mengatur pengelolaan dari bantuan sosial tersebut. Terkait pengelolaannya mengacu pada peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2020. Aturan ini mengganti peraturan sebelumnya, yaitu aturan Permendagri Nomor 99 Tahun 2019. Berdasarkan pada aturan yang baru, pengelolan seperti pemberian bantuan sosok merupakan Satuan Kerja pada lembaga pemerintah pusat atau kementerian. Selain itu juga merupakan Satuan Kerja dari perangkat daerah pada pemerintah daerah. Adapun tugas dan fungsinya yaitu melaksanakan program penanggulangan kemiskinan. Programnya sendiri meliputi jaminan sosial, rehabilitasi sosial, pelayanan dasar, hingga pemberdayaan sosial.

Tujuan Program Bantuan Sosial

Bantuan tersebut memiliki beberapa tujuan utama. Ada 6 tujuan dari program tersebut. Berikut adalah tujuan-tujuannya.
  1. Melakukan Rehabilitasi Sosial
Tujuan yang pertama dari penyaluran bantuan ke masyarakat yang layak untuk menerimanya yaitu sebagai bentuk rehabilitasi sosial. Fungsinya sendiri yaitu memulihkan dan mengembangkan kemampuan seseorang yang mengalami disfungsi sosial. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan masyarakat yang layak menerimanya bisa melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar.
  1. Bentuk Perlindungan Sosial
Tujuan berikutnya dari bantuan ini yaitu sebagai bentuk pencegahan sekaligus penanganan risiko dari guncangan kerentanan sosial pada seseorang, kelompok masyarakat maupun keluarga. Bantuan sosial juga bertujuan agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dasar minimal untuk kelangsungan hidupnya.  
  1. Pemberdayaan Sosial
Tujuan yang berikutnya yaitu sebagai pemberdayaan sosial. Dengan adanya bansos ini, seseorang maupun kelompok masyarakat yang mengalami masalah sosial agar bisa memiliki daya. Dengan bantuan ini, masyarakat juga bisa memenuhi kebutuhan dasarnya, contohnya seperti bantuan sembako.
  1. Sebagai Jaminan Sosial Bagi Masyarakat
Jaminan ini menjadi sebuah skema yang melembaga sebagai jaminan penerima bantuan agar bisa memenuhi kebutuhan dasar hidup masyarakat yang layak.
  1. Bentuk Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat
Tujuan lain dari bantuan sosial yaitu untuk menanggulangi kemiskinan. Karena pada dasarnya, bantuan sosial adalah sebuah kebijakan, kegiatan, sub kegiatan dan juga program yang dilakukan terhadap masyarakat. Bantuan ini merupakan sebuah program yang bisa memenuhi kebutuhan yang layak bagi kemanusiaan, khususnya masyarakat yang membutuhkannya.
  1. Bantuan untuk Penanggulangan Bencana
Tujuan dari bantuan sosial yang terakhir yaitu sebagai pemberian bantuan untuk masyarakat yang terdampak oleh bencana, mulai dari gempa, banjir dan sebagainya. Fungsinya yaitu sebagai upaya untuk rehabilitasi.

Jenis Bantuan Sosial dari Pemerintah

Sesuai dengan tujuannya, jenis bantuan juga disesuaikan dengan jenisnya. Ada beberapa jenis bantuan yang umum disalurkan oleh pemerintah. Berikut adalah jenis-jenisnya:
  1. Bantuan Uang
Jenis bantuan yang pertama ini merupakan jenis yang paling sering kita temui. Bantuan ini juga dikenal dengan singkatan BLT (Bantuan Langsung Tunai). Selain BLT, ada juga bantuan lain berupa uang tunai kepada masyarakat,salah satunya yaitu beasiswa untuk anak miskin, nelayan miskin, dan lainnya. Bantuan berupa uang ini bisa diberikan langsung tunai, namun ada juga bantuan uang yang non tunai.
  1. Bantuan Berupa Barang
Bansos berupa barang ini juga disalurkan kepada masyarakat yang berada pada garis kemiskinan. Selain itu ada juga bantuan berupa barang untuk fasilitas lembaga tertentu, salah satu contohnya seperti kendaraan operasional untuk sekolah luar biasa swasta dan juga masyarakat yang tidak mampu. Bantuan berupa barang juga biasanya disalurkan bagi anak yatim piatu, tuna sosial, peternak, dan berbagai kelompok masyarakat yang kurang mampu.
  1. Bantuan Sosial Berjenis Jasa
Selain barang dan juga uang, ada juga jenis bantuan yang disalurkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berjenis jasa. Adapun contohnya yaitu seperti bantuan dari satuan kerja berupa pelatihan. Contoh lainnya yaitu seperti bantuan Kartu Prakerja berupa pelatihan online untuk para penerimanya. Dengan begitu, masyarakat yang menerimanya bisa mendapatkan pelatihan skill yang diperlukan agar mempermudah pencarian kerja yang layak.

Siapa Saja Penerima Bantuan Sosial?

Penerima bantuan sosial adalah individu atau kelompok masyarakat yang layak atau dirasa tidak mampu. Ada beberapa kalangan yang masuk ke dalam kelompok atau individu tersebut. Contohnya seperti lansia, ibu hamil yang kurang mampu, kalangan masyarakat yang terkena PHK akibat Corona dan lainnya. Informasi terkait siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan saat ini bisa Anda cek dengan mudah. Pemerintah melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia telah menyediakan platform, salah satunya Aplikasi Cek Bansos yang bisa Anda gunakan untuk mengecek siapa saja yang berhak menerimanya. Selain itu, aplikasi Cek Bansos ini juga bisa Anda gunakan untuk mendaftarkan diri, keluarga atau masyarakat yang layak mendapatkannya. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih mudah untuk mengecek dan mendaftarkan diri. Meski begitu, ada juga proses pendaftaran yang juga harus melalui perangkat pemerintah desa. Nama Anda harus terdaftar di kantor desa sebagai orang yang berhak untuk mendapatkan bantuan. Aplikasi Cek Bansos juga bisa Anda gunakan untuk memberikan saran kepada admin atau pemerintah agar pelaksanaan bantuan dilakukan secara tepat sasaran. Dengan begitu, peran masyarakat  akan membantu mempermudah proses penerimaan bantuan sosial yang lebih tepat sasaran. Anda bisa menggunakan aplikasi Cek Bansos dari Kementerian Sosial untuk mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari pemerintah secara mudah dan efisien.

Kesimpulan

Bantuan Sosial atau Bansos merupakan sebuah program dari pemerintah untuk masyarakat kurang mampu dan membutuhkan. Bantuannya bisa berupa uang tunai maupun tunai, barang hingga sembako tergantung yang membutuhkannya. Proses penyalurannya bisa melalui petugas maupun langsung ke rekening. Informasi pengertian Bantuan Sosial ini sedikit banyaknya bisa membantu Anda untuk mengenali mekanisme dan juga peraturan perundang-undangan yang menyertainya.