Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penuaan Dini

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Seiring bertambahnya usia, proses internal tubuh Anda - dari pergantian sel kulit hingga pemulihan olahraga - lambat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan atau mengisi ulang. Ini menyisakan ruang untuk munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan kelelahan.

Perubahan ini mungkin mengejutkan jika terjadi lebih awal dari yang diharapkan, oleh karena itu disebut penuaan "prematur". Tidak mungkin untuk menghindari perubahan ini sepenuhnya, tetapi ada cara untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di tubuh Anda - terutama jika itu terjadi sebelum Anda siap menerimanya.

Inilah yang harus diperhatikan, mengapa itu terjadi, dan banyak lagi.

Apa saja tanda-tanda penuaan dini?

Proses penuaan terlihat berbeda untuk setiap orang, tetapi ada tanda-tanda penuaan tertentu yang dianggap "prematur" jika Anda menyadarinya sebelum Anda berusia 35 tahun.

Bintik matahari

Bintik matahari, juga disebut bintik penuaan dan bintik hati, adalah bintik datar pada kulit Anda yang disebabkan oleh paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Bintik-bintik hiperpigmen ini dapat berkembang di wajah, punggung tangan, atau lengan bawah Anda. Mereka cenderung muncul pada atau setelah usia 40 tahun. Orang dengan kulit lebih cerah, seperti Fitzpatrick tipe 1 dan 2, mungkin melihat perkembangan bintik matahari ini lebih awal.

Tangan kurus

Seiring waktu, lapisan atas kulit Anda menjadi lebih tipis dan mengandung lebih sedikit protein penyusun, seperti kolagen, yang membentuk kulit Anda.

Tangan Anda mungkin mulai tampak lebih keriput, tipis, dan rentan keriput

Tidak ada metrik yang objektif tentang kapan tangan mulai terlihat lebih tua, tetapi kebanyakan orang cenderung memperhatikannya selama akhir usia 30-an dan awal 40-an.

Peradangan atau hiperpigmentasi di sepanjang dada

Banyak orang mengalami perubahan warna yang tidak merata di dada mereka seiring bertambahnya usia.

Mirip dengan bintik matahari, area pigmen yang berbeda ini dapat disebabkan oleh kerusakan sel Anda akibat paparan sinar matahari.

Hiperpigmentasi semacam ini tidak selalu terkait dengan penuaan. Ini bisa jadi akibat eksim atau kondisi kulit lainnya yang merusak sel melanin di kulit Anda.

Tidak ada usia rata-rata kapan kondisi kulit ini biasanya muncul.

Kulit kering atau gatal

Kulit kering atau gatal (xerosis cutis) dapat terjadi lebih sering dari waktu ke waktu. Itu karena kulit yang menipis lebih rentan mengalami dehidrasi.

Anda mungkin melihat kulit Anda menjadi lebih kering dan lebih rentan mengelupas saat mendekati usia 40-an.

Keriput atau kendur

Saat Anda memasuki usia 30-an, kulit Anda memperlambat produksi kolagennya, protein yang membentuk kulit Anda. Kolagen inilah yang membantu kulit Anda kembali dan tetap montok.

Dengan lebih sedikit kolagen di kulit, lebih mudah untuk munculnya kerutan dan kendur. Anda mungkin melihat ini lebih sering terjadi di area di sekitar otot yang sering digunakan, seperti dahi, atau tempat Anda lebih sering terpapar sinar matahari.

Usia saat orang pertama kali menyadari kerutan bervariasi, dengan sedikit standar untuk mengetahui apakah kerutan itu "prematur".

Dan terkadang penuaan bahkan tidak bertanggung jawab. Bisa jadi kotoran atau dehidrasi.

penuaan dini
penuaan dini

Rambut rontok

Rambut rontok terjadi karena sel induk yang memicu pertumbuhan rambut baru di folikel rambut Anda mati.

Perubahan hormon, faktor lingkungan, genetika, dan pola makan Anda semuanya berperan dalam seberapa cepat hal ini terjadi.

Hingga 40 persen wanita di atas usia 70 tahun mengalami kerontokan rambut. Pria mengalaminya lebih awal, dengan 50 persen Sumber Terpercaya mengalami kerontokan rambut setelah usia 50 tahun.

Apa penyebab penuaan dini?

Ada beberapa faktor berbeda yang memiliki efek langsung pada seberapa cepat tanda-tanda ini muncul di tubuh Anda.

Merokok

Paparan sinar matahari dan penyamakan

Gen

Apakah ada faktor lain?

Beberapa kebiasaan gaya hidup dapat berkontribusi pada seberapa cepat tubuh Anda menunjukkan tanda-tanda penuaan, meskipun itu bukan penyebab utamanya.

Minum alkohol secara berlebihan membuat tubuh Anda dehidrasi. Seiring waktu, dehidrasi ini dapat menyebabkan kulit Anda kendur dan kehilangan bentuknya.

Kafein mungkin memiliki efek serupa, meskipun ada penelitian yang bertentangan tentang apakah konsumsi kopi setiap hari menyebabkan keriput.

Lingkungan Hidup

Bintik pigmen dan kerutan dapat dipicu atau diperburuk oleh polutan lingkungan.

Karena kulit Anda bersentuhan langsung dengan udara di sekitar Anda, pelindung kulit Anda terkena racun dan polutan di lingkungan sehari-hari Anda.

Menekankan

Gaya hidup yang penuh tekanan dapat memicu respons peradangan di tubuh Anda, serta merusak kebiasaan tidur Anda. Hormon stres dan peradangan dapat menua tubuh Anda lebih cepat.

Apa yang dapat Anda lakukan

Begitu Anda menyadari tanda-tanda penuaan, Anda dapat mengambil langkah untuk mengatasi cara tubuh Anda berubah - atau membiarkan alam berjalan dengan sendirinya.

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk menua, dan apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan dengan tubuh Anda sepenuhnya terserah Anda.

Jika Anda memiliki bintik matahari

Jika Anda melihat bintik matahari, mulailah dengan menemui dokter kulit untuk menyingkirkan kondisi kulit lainnya.

Setelah Anda mengetahui dengan pasti apa yang Anda hadapi, pertimbangkan perubahan gaya hidup apa yang dapat Anda lakukan.

Kenakan tabir surya dengan setidaknya 30 SPF setiap hari untuk melindungi diri Anda dari sinar UV, dan kurangi paparan langsung matahari jika memungkinkan. Menutupi saat Anda pergi keluar dapat membantu mencegah munculnya bintik-bintik lebih lanjut.

Anda juga dapat mencoba merawat bintik matahari secara topikal untuk melihat apakah memudar. Lidah buaya, vitamin C, dan produk yang mengandung asam alfa hidroksi dapat membantu mengatasi bintik matahari.

Jika tidak efektif, perawatan klinis untuk bintik matahari meliputi terapi cahaya berdenyut intens, cryotherapy, dan chemical peeling.

Jika Anda memiliki tangan yang kurus

Jika tangan Anda tampak kurus, dengan kulit yang tembus cahaya dan rapuh serta urat nadi yang terlihat, mulailah melembabkannya secara teratur.

Mungkin sudah waktunya untuk mencoba produk baru yang mengunci hidrasi di pelindung kulit Anda. Anda mungkin juga ingin mengoleskan tabir surya dengan setidaknya 30 SPF ke tangan Anda.

Jika tangan Anda secara teratur terpapar bahan kimia dan polutan melalui pekerjaan yang Anda lakukan atau pekerjaan rumah tangga Anda, mungkin tidak mungkin untuk menghentikan paparan Anda sepenuhnya terhadap hal-hal tersebut.

Sebaliknya, lakukan perubahan kecil - seperti mengenakan sarung tangan saat Anda mencuci piring atau menyiangi kebun Anda.

Jika Anda khawatir dengan tampilan tangan Anda, bicarakan dengan dokter kulit.

Perawatan klinis untuk tangan yang telah menua meliputi pengelupasan kimiawi, pengisi kulit, dan perawatan laser.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *