S2 Manajemen? Berikut Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Pendidikan menjadi hal paling penting bagi siapapun. Karena dengan pendidikan akan mampu melihat dengan lebih jelas terkait masa depan yang lebih cerah. Bagi Anda yang sudah sukses mendapat gelar sarjana, Anda sudah bisa memanfaatkannya sebagai jembatan menuju kesuksesan. Namun, Anda yang masih giat untuk menempuh pendidikan, maka tidak ada salahnya buat Anda untuk kembali menempuh pendidikan tinggi dengan lanjut studi S2 Manajemen

Selain itu, ketika Anda memiliki niat untuk melanjutkan pendidikan S2, maka Anda juga harus memperhatikan berbagai hal terhadap persiapan nya. S2 Manajemen pun menjadi salah satu jurusan yang memerlukan berbagai persiapan. 

Oleh karena itu, persiapan untuk melanjutkan pendidikan menjadi hal yang sangat penting. Anda dapat melakukan hal-hal berikut :

Tentukan Tujuan : Kenapa Harus Lanjut S2? 

Tentunya, Anda harus tahu tentang apa alasan untuk melanjutkan studi S2. Anda dapat mempelajari terkait hal yang bisa Anda capai dengan menempuh studi S2. Bagi Anda yang ingin menjadi dosen, maka sudah pasti Anda harus lanjut S2. Namun, jika studi S2 hanya agar lebih mudah mencari kerja, maka Anda perlu pertimbangan kembali. Karena pada dasarnya, semakin tinggi gelar maka akan semakin sedikit peluang kerjanya. Tujuan menjadi hal yang sangat penting sebelum Anda melanjutkan studi S2 tersebut. 

Anda harus memiliki tujuan yang tepat dan sesuai agar mampu menjalani aktivitas pendidikan tersebut tidak menjadi hal yang berat dan tertekan. 

s2 manajemen
s2 manajemen

Harus Siap Belajar 

Melanjutkan studi S2 berarti Anda harus siap untuk kembali menjadi mahasiswa. Itu artinya, Anda juga harus siap belajar. Anda juga harus rajin belajar, membaca, dan juga membuat tugas. Jangan sampai Anda mengeluh kesulitan ketika mengikuti pelajaran karena berbagai alasan. 

Selain itu, ketika Anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2, maka Anda harus menjadi mahasiswa yang mampu berpikir kritis dan mampu menjadi mahasiswa yang berpengetahuan luas dan mampu belajar dengan baik. 

Tentukan Jurusan yang Tepat 

Menentukan jurusan S2 sangat penting agar gelar dan ilmu yang Anda dapatkan bisa lebih tepat dan bermanfaat. Karena, tidak sedikit orang yang keliru menentukan jurusan S2, dan kemudian menyesal atau harus mengambil kuliah lagi untuk jurusan lain yang berbeda. Untuk menentukan jurusan, ini kembali pada tujuan kuliah Anda. Jika Anda ingin menjadi dosen, maka wajib hukumnya untuk mengambil jurusan yang linear (sejalur) dengan studi S1 dan studi yang hendak Anda ajarkan nantinya. 

Jika Anda ingin memperkaya ilmu pengetahuan sesuai minat, maka kenali minat Anda secara mendalam. Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan terkait kemampuan Anda. Jika Anda mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusan semasa S1, maka Anda perlu mengambil matrikulasi. Matrikulasi merupakan sistem pembelajaran mata kuliah dasar sebagai pengantar untuk memahami studi di jurusan tertentu. Biasanya, matrikulasi ini wajib diambil untuk mahasiswa yang mengambil studi S2 lintas jurusan. Ada yang mengenakan biaya tambahan untuk matrikulasi, tapi ada yang tidak.

Sebagai lulusan Universitas Indonesia, memilih jurusan S2 adalah salah satu hal terpenting. Selain itu, memilih jurusan juga akan mempengaruhi terhadap kualitas kinerja dan juga pengembangan diri Anda. Karena dengan memilih jurusan yang tepat, akan mempermudah pemahaman Anda agar lebih berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *