Sejarah Engagement Ring yang Cukup Menarik

Para millennials dan gen Z mungkin hanya mengetahui bahwa cincin pertunangan atau engagement ring merupakan cincin yang mengikat pria dan wanita sebelum pernikahan. Hal tersebut tidak salah karena di era modern ini cincin pertunangan memang lebih banyak digunakan sebagai simbol pengikat cinta. Namun sebelum membeli cincin untuk melamar pasangan, tidak ada salahnya mengetahui sejarah cincin pertunangan berikut ini:

  Awal Mula

Pada zaman Romawi Kuno, wanita mengenakan cincin sebagai simbol kepatuhan pada pasangan atau kerja sama bisnis. Model cincin pada masa itu belum seperti sekarang yang bundar sempurna. Bahan pembuatan cincin di zaman Romawi Kuno adalah tembaga, besi, tulang, dan gading. Cincin dari emas baru muncul sekitar abad ke-2. Buktinya dengan ditemukannya cincin emas di reruntuhan Pompeii.

  Cincin Pertunangan Pertama

Meskipun cincin emas diperkirakan sudah ada sejak abad ke-2, namun cincin pertunangan baru dikatakan ada sejak tahun 850-860 Masehi. Paus Nicholas I dari Gereja Katolik Roma yang memiliki peran besar terhadap sejarah cincin pertunangan pertama di dunia. 

Karena banyak pria di masa itu yang berjanji namun akhirnya meninggalkan kekasihnya, akhirnya Paus Nicholas I membuat peraturan dengan mewajibkan pria melamar kekasihnya menggunakan cincin emas mahal sebagai tanda komitmen. Dari situ kemudian cincin pertunangan dan acara pertunangan mulai populer.

 

Cincin dengan Berlian Pertama

Desain cincin untuk pertunangan semakin berkembang dan berubah dari masa ke masa. Setelah penggunaan cincin emas, muncullah berlian pada sekitar tahun 1477. Cincin pertunangan berlian pertama adalah milik Mary of Burgundy yang didapatkan dari Archduke Maximilian.

engagement ring

engagement ring

Cincin Modern

Melalui sejarah yang panjang tersebut, cincin pertunangan akhirnya menjadi adat seperti sekarang ini. Cincin pertunangan di masa modern dijadikan simbol ikatan cinta dan komitmen untuk bersama-sama serius menuju jenjang pernikahan. Popularitas cincin modern semakin meroket pada tahun 1940-an. Bahkan pada masa itu, cincin untuk tunangan menjadi produk terlaris. Ditambah banyak selebriti hollywood yang memamerkan cincin pertunangannya masing-masing.

Rekomendasi Cincin Pertunangan dari Mondial

Sebagai brand populer dan terpercaya, Anda tidak perlu ragu membeli cincin di Mondial Jeweler. Pasalnya semua cincin yang dijual terbukti keasliannya. Ada cukup banyak koleksi cincin tunangan yang bisa Anda jadikan pilihan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

  1. Aileth ring

Rekomendasi pertama Aileth ring yang sangat cocok untuk pertunangan Anda. Cincin dengan hiasan heart shape diamond ini memiliki berat 3,169 gram. Sementara batu berlian bentuk hatinya seberat 0,70 carat yang dihiasi oleh 23 berlian bundar ukuran 1,004 carat.

      2.Anima ring

Anima ring adalah cincin berkualitas dengan berlian MEC ukuran 0,9 carat. Berlian yang ditujukan sebagai center stone tersebut berbentuk round cut. Material yang digunakan adalah rose gold dengan ukuran 3,706 gram. Masih ada 24 butir berlian kecil yang menyempurnakan Anima ring.

      3.Endelion ring

Endelion ring mengusung konsep romantis dengan batu pear shape diamond yang disematkan. Ukuran batu tersebut adalah 1,25 carat. Sama seperti cincin lain, masih ada hiasan berupa 23 berlian kecil-kecil di bagian rangka atau band. Anda bisa tampil elegan dengan Endelion ring dan gaun mewah. 

      4.Alma ring

Cincin ini berbeda dari cincin sebelumnya karena mengkombinasikan dua material berupa rose gold dan white gold. Bagian dalam cincin adalah emas putih, sedangkan luarnya rose gold. Ada satu berlian oval shape yang dikelilingi oleh 34 round cut diamond untuk membentuk halo setting ring. Selain itu, masih ada dua berlian berbentuk triangle cut di kedua sisinya.

Itulah pembahasan mengenai sejarah menarik dari engagement ring atau cincin pertunangan. Semoga dengan mengetahui sejarah di atas, Anda bisa memaknai cincin pertunangan dengan lebih dalam. Jika tertarik dengan koleksi cincin lain dari Mondial, Anda bisa datang ke gerai atau mengunjungi www.mondialjeweler.com

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.