Manfaat dan Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Kering pada Bayi

Bayi biasanya memiliki kulit yang sangat halus dan juga lembut. Meskipun demikian, kulit bayi ternyata juga bisa menjadi kering. Ada beberapa penyebab mengapa bayi bisa memiliki kulit yang kering, misalnya sabun mandi yang tidak cocok, produk deterjen untuk mencuci pakaian, dan sebagainya. Selain itu, ada juga masalah kulit seperti eksim, biang keringat, dan infeksi jamur yang menyebabkan kulit kering. Selain pengobatan yang tepat, Anda juga perlu untuk memberikan pelembab untuk kulit kering pada bayi.

Pelembab bisa membantu melembabkan kulit Si Kecil dan mencegah masalah timbul lagi. Namun, tentu saja Anda harus memilih pelembab yang tepat agar memberikan hasil yang maksimal sesuai keinginan. Berikut ini adalah manfaat dan tips memilih produk pelembab yang tepat untuk bayi:

Manfaat Pelembab untuk Bayi

pelembab untuk kulit kering pada bayi

Kulit bayi merupakan jenis kulit yang tipis, sensitif, dan rentan terhadap iritasi. Selain itu, kulit bayi juga sangat kenyal dan elastis. Demi menjaga kekenyalan tersebut, Anda harus melakukan perawatan dengan baik, salah satunya dengan menggunakan produk pelembab.

Pelembab untuk bayi pada umumnya membantu mengatasi kulit kering, memperbaiki warna serta tekstur kulit, dan juga melindungi kulit bayi yang sensitif. Selain itu, produk pelembab juga bisa menahan air untuk menjaga kelembaban kulit Si Kecil serta berfungsi sebagai pelindung terhadap benda asing seperti debu.

Tips Memilih Pelembab untuk Bayi

Hal terpenting saat akan memberikan pelembab untuk Si Kecil adalah memilih produk yang tepat. Berikut ini tips memilih pelembab untuk kulit kering pada bayi yang tepat:

  • Menggunakan bahan yang lembut

Produk pelembab harus menggunakan bahan yang lembut serta tidak iritatif. Pasalnya, bayi memiliki kulit yang sensitif dan mudah iritasi. Pastikan bahan yang terkandung juga mampu melindungi keseimbangan alami kulit serta mempertahankan lapisan pelindung luar. 

  • Tidak mengandung pewangi, paraben, pewarna, dan phthalate

Ada beberapa kandungan yang wajib dihindari ketika memilih pelembab untuk bayi. Kandungan-kandungan tersebut yaitu pewangi, paraben, pewarna, serta phthalate. Keempat kandungan tersebut adalah zat kimia yang berdampak buruk untuk bayi.

  • Mengandung bahan emolien

Bahan yang cocok untuk kulit bayi yang kering dan sensitif adalah emolien. Manfaat emolien yaitu menghaluskan, menyejukkan, serta melembabkan kulit. 

  • Lakukan tes reaksi jika memungkinkan

Tips terakhir yaitu melakukan tes reaksi apabila memungkinkan. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit pelembab pada kaki atau lengan Si Kecil. Lihat reaksi yang muncul selama kurang lebih 24 jam. Apabila tidak menimbulkan reaksi apapun, Anda bisa menggunakan produk tersebut.

Tips Mengaplikasikan Pelembab pada Kulit Bayi

Agar pelembab bisa memberikan hasil yang maksimal, aplikasikan dengan tepat. Berikut ini adalah tips mengaplikasikan pelembab pada Si Kecil:

  • Oleskan pelembab setelah mandi agar kelembaban terkunci dengan sempurna. 
  • Gunakan dua kali sehari apabila Si Kecil memiliki tipe kulit yang sangat kering dan sensitif. Hal tersebut membantu menjaga kelembapan sehingga kulitnya tidak terlalu kering.
  • Pelembab bisa dioleskan ke seluruh tubuh yang kering. Ketika mengaplikasikannya, lakukan pijatan lembut agar Si Kecil merasa nyaman.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat dan tips memilih pelembab untuk kulit kering pada bayi yang bisa Anda praktikkan. Jika masih bingung memilih produk yang tepat, Anda bisa memilih produk dari Bioderma. Kualitas dari produk Bioderma tidak perlu diragukan lagi karena diformulasi oleh ahli dermatologis. Sesuaikan pilihan produk dengan kebutuhan Si Kecil karena ada beberapa produk perawatan bayi yang ditawarkan. 

Untuk perawatan kulit harian, Anda bisa memilih Hydrabio Brume, Atoderm Creme Ultra, dan Atoderm Intensive Baume. Lebih lengkapnya mengenai produk Bioderma serta cara pemesanannya bisa dilihat di website www.bioderma.co.id

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.