Mengenal Jenis-Jenis Digital Marketing dan Pentingnya untuk Bisnis Anda

Pemasaran digital atau digital marketing mengacu pada semua upaya pemasaran yang terjadi di internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan untuk melakukan digital marketing.

Pemasaran digital menggunakan berbagai taktik dan saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan secara online. Pemasar digital terbaik memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana setiap kampanye pemasaran digital mendukung tujuan mereka. Dan tergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, marketer dapat mendukung kampanye yang lebih besar melalui saluran gratis dan berbayar yang mereka miliki.

Berbicara soal topik ini,  ada banyak spesialisasi dalam pemasaran digital. Apa saja? Ini dia:

Search Engine Optimization

Optimisasi mesin pencari, atau SEO, secara teknis merupakan alat pemasaran seni dan ilmu membuat halaman web menarik bagi mesin pencari, seperti yang dikatakan oleh The Balance.

SEO adalah ilmu karena mengharuskan Anda untuk meneliti dan menimbang berbagai faktor yang berkontribusi untuk mencapai peringkat setinggi mungkin di laman Google.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi SEO:

    • Kualitas konten
    • Tingkat keterlibatan pengguna
  • Phone-friendly
  • Jumlah dan kualitas traffic

Google hampir selalu mengubah algoritmanya, jadi tidak mungkin membuat prediksi rumus SEO yang tepat. Yang dapat Anda lakukan adalah memantau dengan cermat kinerja halaman Anda dan melakukan penyesuaian.

digital marketing

digital marketing

Content Marketing

Tujuan content adalah untuk menarik masyarakat agar  berubah menjadi pelanggan. Pembuat content marketing harus dapat membuat konten berperingkat tinggi dalam mesin pencari sambil juga melibatkan behaviour orang-orang. Ketika konten relevan dan menarik, itu dapat membangun hubungan yang kuat di berbagai kanal

Social Media Marketing

Platform paling populer untuk pemasaran media sosial adalah Facebook, Twitter, dan Instagram, dengan LinkedIn dan YouTube tidak jauh di belakang.

Karena pemasaran media sosial melibatkan partisipasi audiens yang aktif, ia telah menjadi cara yang populer untuk menjaring pelanggan. Ini adalah media konten paling populer untuk pemasar B2C dengan jumlah mencapai 96%, dan juga mulai berkembang di ranah B2B. Berdasarkan data Content Marketing Institute, 61% pemasar konten B2B meningkatkan penggunaan media sosial mereka tahun ini.

Social media marketing membantu Anda memahami seberapa baik Anda menjangkau audiens. Anda dapat memutuskan jenis interaksi mana yang paling berarti bagi Anda, contohnya share, komentar, atau total klik ke situs web Anda.

PPC

Pay per click, atau PPC, adalah aktivitas marketing di mana pengguna memposting iklan di platform dan mendapatkan bayaran  setiap kali seseorang mengkliknya.

Bagaimana dan kapan orang melihat iklan Anda sedikit lebih rumit rumusnya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi, yakni:

  • Kualitas iklan
  • Relevansi kata kunci
  • Kualitas landing page
  • Jumlah tawaran

Setiap kampanye PPC memiliki 1 atau lebih tindakan target yang harus diselesaikan pemirsa setelah mengklik iklan. Tindakan ini dikenal sebagai konversi, dan dapat bersifat transaksional atau non-transaksional. Melakukan pembelian adalah konversi, tetapi begitu juga pendaftaran buletin atau panggilan yang dilakukan ke kantor pusat Anda.

Apa pun yang Anda pilih sebagai target konversi dapat dilacak lewat platform pilihan Anda untuk melihat bagaimana kinerja kampanye itu.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing memungkinkan seseorang menghasilkan uang dengan mempromosikan bisnis orang lain. Anda bisa menjadi promotor atau bisnis yang bekerja dengan promotor.

Sistem yang digunakan adalah bagi hasil. Jika Anda adalah afiliasi, Anda mendapatkan komisi setiap kali seseorang membeli barang yang Anda promosikan. Jika Anda pedagang, Anda membayar afiliasi untuk setiap penjualan yang mereka bantu.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai pemasaran digital. Jika Anda ingin bisnis Anda berkembang, tentu adalah hal yang bijak untuk memanfaatkan pemasaran digital. Anda dapat berkolaborasi dengan IDEAWORKS untuk membuat kampanye-kampanye dan program pemasaran digital yang terbaik.

Bersama IDEOWORKS, pilih jenis digital marketing yang Anda butuhkan. Mulai dari media sosial, content marketing, hingga advertising, semua dapat dilakukan bersama IDEOWORKS. Siap go digital sekarang juga?

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.