5 Gejala Calicivirus Pada Kucing dan Penanganan Pertama

Bagi pecinta kucing, Calicivirus Pada Kucing adalah momok yang berusaha untuk dihindari agar tidak terserang pada hewan kesayangan mereka. Karena penanganan penyembuhannya yang membutuhkan waktu berbulan-bulan dan menghilangkan keceriaan binatang peliharaan nokturnal ini.

Virus ini biasa menyerang menyerang saluran pernapasan, kekebalan tubuh dan mulut kucing Anda. Penyebarannya begitu cepat dan jika salah penanganan, malah bisa membahayakan hewan kesayangan kita.

Pencegahan Pertama Pada Gejala Calicivirus Pada Kucing

Calicivirus Pada Kucing ditularkan oleh virus dan bakteri, yakni Chlamydia dan Rhinotracheitis. Penyebarannya sangat cepat mengenai sistem tubuh kucing. Masa inkubatornya saja hanya 2 sampai 4 hari.

Penyakit ini memang umum melanda kucing. Karena itu, jika Anda mendapati gejalanya, sebaiknya lakukan penanganan dengan cepat.

Berikut beberapa gejala yang timbul dari Virus Calicivirus: 

Calicivirus pada kucing

Calicivirus pada kucing

Sariawan

Jika Anda mendapati luka kecil di bagian mulut dan hidung kucing, bukan hanya satu dan itu terjadi secara tiba-tiba. Ini bisa mengindikasi kucing sedang mengalami sariawan.

Jangan membiarkan hal ini berlarut-larut dan segera berikan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

Flu

Jika Anda melihat kucing Anda mengalami flu seperti bersin, bisa jadi ini adalah reaksi dari tubuh yang terkena virus. Flu ini terjadi secara tiba-tiba, bahkan saat Anda mengira bahwa kucing Anda baik-baik saja.

Anda bisa memberikan antibiotik khusus sebagai penanganan pertama dan beberapa vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cairan yang keluar dari hidung dan mata

Saat terserang penyakit, terutama calicivirus, kucing Anda akan mengeluarkan cairan dari mata dan mulut. Untuk itu, sebaiknya bersihkan sesering mungkin cairan itu dan hindarkan bersentuhan dengan kucing yang lain. Karena sifat virus ini yang sangat menular.

Serak

Seperti yang telah dikatakan, virus ini menyerang saluran pernapasan yang di dalamnya terdapat saluran udara. 

Saat kucing terkontaminasi oleh virus ini, tentunya akan mempengaruhi suara yang keluar dari saluran udara tersebut. Suara kucing akan terdengar lebih serak dan lemah.

Segera berikan tempat tersendiri pada kucing Anda dan jauhkan dari kucing yang lain.

Tidak nafsu makan

Karena tubuh yang lemah, sariawan, dan hilangnya penciuman, membuat selera makan kucing juga hilang. Untuk itu, Anda harus dengan sabar merawat mereka.

Meski menolak, Anda tetap harus memberikan makan pada mereka. Sebaiknya, berikan makanan yang lunak dengan nutrisi yang bagus.

Jika penanganan pertama sudah Anda lakukan setelah melihat adanya gejala Calicivirus, tetapi sakit mereka tak kunjung sembuh. Ada baiknya untuk segera membawanya ke dokter hewan terdekat.

Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi, menjaga kebersihan lingkungan kucing, dan berikan makanan yang bergizi.

Untuk makanan kucing terbaik yang kaya akan nutrisi dan gizi pas yang dibutuhkan hewan peliharaan Anda, percayakan pada Royal Canin. Ada banyak pilihan makanan dari produk ini, menyesuaikan kebutuhan kucing Anda. 

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.