Apa Saja Manfaat Menggunakan Payment Gateway Untuk Bisnis Anda?

Di era digital seperti saat ini, pemanfaatan teknologi merupakan hal yang sangat penting demi menunjang berjalannya sebuah bisnis. Salah satu jenis teknologi yang perlu Anda gunakan adalah payment gateway atau gerbang pembayaran. Gerbang pembayaran sendiri merupakan media transaksi dalam aplikasi e-commerce yang mampu mengotorisasi berbagai jenis pembayaran seperti kartu kredit, e-wallet, ataupun pembayaran langsung.

Manfaat Gerbang Pembayaran Untuk Bisnis Anda

Semua bisnis online perlu menggunakan gerbang pembayaran untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian, terutama secara online. Lebih jelasnya, berikut ini adalah berbagai manfaat gerbang pembayaran dalam sebuah bisnis:

Tidak Perlu Menyediakan Banyak Rekening

Jika menggunakan gerbang pembayaran, maka Anda tidak perlu menyiapkan banyak rekening. Pasalnya semua pembayaran dari pelanggan akan masuk ke gerbang pembayaran hingga akhirnya sampai ke rekening Anda. Jadi Anda hanya perlu menyediakan satu rekening saja untuk menerima semua jenis pembayaran. 

Payment gateway

Payment gateway

Rekap Pembelian dan Pembayaran Lebih Mudah

Rekap pembelian dan pembayaran merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Anda perlu merekap satu per satu pembelian dan pembayaran yang masuk. Pada saat pesanan sedang ramai, Anda pasti akan merasa pusing. Tidak jarang ada yang salah melakukan perhitungan hingga akhirnya harus mengulang dari awal.

Tidak mau hal tersebut terjadi? Layanan gerbang pembayaran bisa membantu Anda melakukan rekap pembelian maupun pembayaran dengan mudah. Pasalnya sistem akan memberikan laporan keuangan harian secara otomatis. Selain itu, Anda juga bisa melihat statistik penjualan secara real-time.

Transaksi Lebih Aman

Keamanan transaksi online merupakan hal yang sangat penting. Berbeda dengan transaksi offline yang mana pelanggan bisa bertemu secara langsung dengan penjual, transaksi online tidak bisa melakukannya sehingga lebih rawan penipuan.

Penipuan tidak hanya terjadi pada pelanggan saja, namun penjual juga. Terkadang ada pelanggan jail yang mengatakan sudah membayar padahal sebenarnya belum membayar. Gerbang pembayaran memiliki sistem keamanan berstandar internasional untuk mendeteksi terjadinya fraud. Sistem akan berubah apabila pelanggan belum membayar, begitu pula sebaliknya. 

Transaksi Tidak Terbatas

Gerbang pembayaran wajib digunakan oleh bisnis yang sudah berkembang atau menengah ke atas. Pasalnya gerbang pembayaran ini memungkinkan transaksi yang tidak terbatas. Bahkan Anda bisa melakukan transaksi hingga ratusan bahkan ribuan kali. Dengan server yang stabil, Anda tidak perlu takut gangguan sistem meskipun transaksinya banyak.

Transaksi Lebih Praktis dan Mudah

Manfaat gerbang pembayaran selanjutnya tentu saja membuat transaksi penjualan lebih praktis dan mudah. Jika masih menggunakan cara lama, Anda harus melakukan pengecekan pembayaran pelanggan. Apabila sudah masuk ke rekening, maka Anda baru bisa memproses pesanan. Hal tersebut tentu saja memakan waktu lama apabila Anda memiliki transaksi puluhan hingga ratusan.

Jangkauan Pasar Lebih Luas

Pelanggan online memiliki metode pembayaran favoritnya masing-masing. Ada juga pelanggan yang hanya memiliki metode pembayaran tertentu. Ketika Anda menyediakan semua metode pembayaran, maka semua pelanggan bisa melakukan pemesanan sehingga jangkauan pasar bisnis lebih luas. Bukan hanya yang memiliki rekening tertentu saja.

Membantu Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Manfaat gerbang pembayaran yang terakhir yaitu bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sebagian besar pelanggan masih ragu belanja di toko online karena takut tertipu. Gerbang pembayaran yang memiliki sistem keamanan canggih membuat pelanggan merasa aman sehingga lebih percaya untuk melakukan pemesanan. 

Itulah berbagai manfaat menggunakan payment gateway yang perlu Anda ketahui. Tertarik menggunakannya? Faspay adalah penyedia layanan gerbang pembayaran online yang bisa Anda jadikan pilihan. Saat ini sudah ada lebih dari 48 metode pembayaran dan lebih dari 29 mitra pembayaran yang bekerja sama. Jadi Anda bisa menyediakan metode pembayaran lebih beragam untuk pelanggan. Informasi mengenai cara mendaftarkan bisnis pada layanan Faspay bisa Anda lihat di www.faspay.co.id

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.