Ulama-Ulama Mazhab
Di sekolah maupun di pengajian pasti sering mendengar tentang para imam mazhab. Mereka telah mengabdikan ilmunya untuk agama Islam dan menjadi acuan bagi para ulama dalam memutuskan suatu perkara (fikih), yang masih samar tentang hukum kepastiannya. Para imam mazhab banyak berperan dalam perkembangan abad keemasan Islam. Hasil dari pemikiran dan dan kitab-kitab karangannya menjadi rujukan dan masih dipelajari sampai sekarang. Dari sekian banyak yang menjadi ulama mazhab semuanya tidak bertahan lama, para pengikutnya ada hanya ketika imam mazhabnya ada, namun setelah meninggal tidak ada lagi yang meneruskannya. Sehingga yang paling terkenal sampai sekarang dari imam mazhab hanya mazhab yang empat, yaitu ;
  1. Imam Hanafi. Nama lengkap dari imam mazhab Hanafi yaitu Abu Hanifah Nu’man bin Tsabit bin Zuwatha al-Kufii. Mazhab ini dibentuk oleh seorang ulama besar kufah. Beliau lahir pada tahun 80 H dan wafat pada tahun 150 H..Sekarang ini mazhab Hanafi merupakan mazhab di Mesir, Turki, Syiria dan Libanon. Mazhab ini dianut di Afganistan, Pakistan, Turkistan, Muslimin India dan Tiongkok.
  2. Imam Maliki. Nama lengkapnya Abu ‘Abdillah Malik bin Anas bin Malik bin Abi ‘Amir bin amr bin Haris bin Gaiman bin Kutail bin Amr bin Haris al-Ashbahi. Mazhab ini didirikan oleh seorang ulama besar madinah yang lahir pada tahun 93 H/73 M. Daerah yang Menganut Mazhab Maliki. saat ini ada di Marokko, Aljazair, Tunisi, Libia, Bahrain, dan Kuwait.
  3. Imam Syafi’i. Nama lengkapnya Abu ‘Abd al-llah Muhammad bin Idris bin ‘Abbas bin ‘Utsman bin Syafi’ bin Saib bin Abu Yazid bin Hasyim bin ‘Abd al-Muthallib al-Quraiyi al-Hasyimi. Beliau lahir pada tahun 150 H, di Gazza bagian selatan dari Palestina. Mazhab Syafi’i dianut di Libia, Mesir, Indonesia, Pilipina, Malaysia, Somalia, Arabia Selatan, Palestina, Yordania, Libanon, Siria, Irak, Hijaz, Pakistan, India, Jazirah Indo China, Sunni-Rusia dan Yaman
  4. Mazhab Hanbali.nama lengkapnya Abu ‘Abdillah Ahmad bin Hanbal bin Hilal bin Asada az-Zuhili asy-Syaibani. Beliau lahir di Baghdad pada tahun 164 H dan wafat pada bulan Rabi’ul Awal tahun 241 H. Sekarang ini Mazhab Hanbali menjadi mazhab resmi pemerintahan Saudi Arabia dan mempunyai penganut terbesar di seluruh Jazirah Arab, Palestina, Siria dan Irak.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.