Jenis-Jenis Penyakit Jantung

Seperti yang sudah anda ketahui. Jantung merupakan organ vital yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh. Organ jantung manusia memiliki tugas penting untuk memompa darah menuju seluruh bagian tubuh, kemudian jantung jugalah yang menampung darah tersebut setelah dibersihkan oleh paru-paru. Sehingga jika terjadi penurunan fungsi jantung, kinerja dari organ vital yang satu ini tidak akan dapat berjalan normal dan mengakibatkan timbulnya berbagai jenis-jenis penyakit jantung.

Ragam jenis penyakit jantung sebenarnya cukup banyak, masing-masing nama penyakit yang ada pada organ jantung ini bahkan menempati daftar penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani dengan tepat. Beberapa penyakit yang menyerang organ jantung tersebut antara lain adalah :

  1. Jantung koroner.
  2. Gagal jantung kongesif.
  3. Kardiomiopati.
  4. Inflamasi jantung.
  5. Infark Miokard akut.
  6. Jantung rematik.
  7. Kelainan katup jantung.
  8. Aritmia.
  9. Aterosklerosis.

Umumnya jenis-jenis penyakit jantung diatas disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kecenderungan dari para penderitanya memiliki kadar gula darah tinggi, obesitas, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, serta perokok. Hal tersebut memicu tumbuhnya benjolan kecil pada pembuluh darah, benjolan yang disebut dengan istilah plak” ini terbentuk karena kolesterol, lemak serta sel yang mengalami pertumbuhan secara berlebihan di bagian lapisan pembuluh darah otot. Plak inilah yang akan menjadi awal dari munculnya berbagai macam indikasi penyakit jantung.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.