Makanan untuk Diabetes yang Tepat dan Aman dari Sayuran Hijau

Tergolong kronisnya penyakit diabetes membuat kita semua harus dapat mengantisipasi penyakit tersebut agar jangan sampai terdeteksi pada tubuh kita. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki riwayat keturunan penyakit diabetes, maka harus lebih aware dan menjaga pola hidupnya dengan baik karena resiko untuk terkena penyakit berat tersebut cenderung lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memiliki riwayat pengidap diabetes. Untuk menjaga dan mengendalikan penyakit diabetes terutama bagi mereka yang telah positif mengidapnya ialah dengan memilih makanan untuk penderita diabetes yang tepat supaya kadar gula darah dalam tubuhnya tetap stabil dan terkontrol dengan baik. Makanan tersebut dapat didapatkan dari jenis sayur-sayuran maupun buah-buahan.

Untuk kategori sayuran sendiri terutama sayuran hijau memang terdapat beberapa diantaranya yang baik dan aman dikonsumsi penderita diabetes. Sayuran hijau tersebut tentunya sayuran dengan kandungan gula rendah dan lebih menitikberatkan pada kandungan seratnya yang lebih dibutuhkan dan bermanfaat untuk diabetes. Serat sangat penting bagi pasien diabetes karena serat tersebut dapat membantu pengontrolan dan kestabilan gula darah dalam tubuhnya supaya tidak terjadi pelonjakan. Selain itu sayuran hijau juga menurut beberapa penelitian dipandang mampu mencegah abnormalitas darah dimana keadaan tersebut biasanya sering terjadi pada pasien diabetes. Dengan rutin mengkonsumsi sayuran hijau kaya serat dan rendah gula pasien diabetes pun akan lebih dapat tercegah dari resiko penyakit darah seperti autoimun, pendarahan, maupun anemia.

Setidaknya terdapat 4 makanan untuk diabetes yang baik dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes dan efektif mampu menjaga kestabilan kadar gula darahnya, yakni :

  1. Brokoli Penderita yang suka makan brokoli merupakan suatu kebiasaan yang tepat. Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang memang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Brokoli kaya akan antioksidan, mineral, vitamin yang menunjang jalannya fungsi tubuh terkendali dengan baik. Selain itu brokoli juga kaya serat namun rendah kalori sehingga gula darah dalam tubuh tetap terjaga dan terkontrol dengan baik.
  2. Selada Selada baik untuk diabetes karena memiliki kandungan karbohidrat yang minim. Manfaat selada untuk diabetes bukan hanya itu saja, karena selada juga banyak mengandung serat, vitamin, serta mineral yang menunjang fungsi tubuh tetap berjalan dengan baik.
  3. Kubis Kubis menjadi sayuran hijau berikutnya yang aman dan baik untuk penderita diabetes. Kubis tergolong sayuran hijau yang rendah kalori sehingga mampu menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh dengan baik. Selain itu kubis juga banyak mengandung nutrisi serta vitamin seperti vitamin A,C,D,E, dan juga K. Tak hanya itu, jenis sayuran hijau satu ini juga kaya akan kalsium, magnesium, seng, dan zat besi yang dibutuhkan penderita diabetes.
  4. Asparagus Asparagus sangat rendah kalori sehingga pas dan aman menjadi menu harian pasien diabetes. Selain rendah kalori asparagus juga rendah karbohidrat dan tidak akan berpengaruh pada peningkatan gula darah dalam tubuh. Masih banyak kandungan lain pada asparagus yang sangat dibutuhkan penderita diabetes yaitu seperti vitamin A,C,B6,E, dan juga vitamin K.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.