Tips Mencegah Dan Mendeteksi Penyakit Ginjal Dan Penyebabnya

Ginjal adalah suatu organ di dalam tubuh yang berbentuk mirip seperti kacang yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dari dalam darah yang kemudian kotoran tersebut akan dibuang bersama dengan air yang berbentuk urin. Ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh kita, karena apabila ginjal kita tidak berfungsi secara baik, maka akan timbul penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita sepert gagal ginjal. Jadi untuk mencegahnya sejak dini, kita perlu mengenal apa itu penyakit ginjal dan penyebabnya.

Penyakit ginjal yang paling sering kita dengar ialah gagal ginjal. Gagal ginjal ialah kondisi dimana ginjal tidak dapat berfungsi secara baik untuk menyaring kotoran dari hasil elektrolit tubuh. Dan juga ginjal tidak dapat mengontrol keseimbangan cairan dan zat kimia di dalam tubuh seperti sodium dan kalium di dalam darah dan memperoduksi urine. Penyakit gagal ginjal itu sendiri memiliki beberapa penyebab, dan menurut informasi yang kami lansir dari situs futuready ada beberapa penyebab penyakit ginjal yang mendominasi. Diantaranya adalah akibat hipertensi sebanyak 44% , akibat dari diabetes 25%, dan sisanya dari penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembulu darah yaitu sekitar 9%. Ada juga penyebab lain yang dapat menimbulkan penyakit gagal ginjal ini yaitu akibat dari glomerulus yang mengalami peradangan.

Itulah beberapa informasi yang dapat kita ambil tentang mengenal penyakit ginjal dan penyebabnya. Semoga beberapa informasi yang kami ambil dari situs futuready ini dapat bermanfaat untuk anda yang belum mengetahui tentang penyakit ginjal dan juga penyebabnya

Penyakit ginjal dan penyebabnya tentunya membuat orang merasa takut dan mengerikan. Bagaimana tidak, jika sudah berhubungan dengan ginjal tentunya akan berurusan dengan cuci darah yang akan menyedot biaya yang tidak sedikit. Dan agar mengetahui kemungkinan penyakit ginjal sejaki dini pada tubuh Anda, sebaiknya anda rutin mengecek urin ke laboraturium. Karena ada umumnya, gejala awal apda penderita penyakit ginjal ini ialah urin yang keluar sangat sedikit dari biasanya. Selain itu, ciri-ciri penyakit ginjal lainnya yang patut diwaspadai yakni sering sakit kepala, mudah lelah, mual bahkan ingin muntah, gatal disekujur tubuh, selera makan berkurang, tangan dan kaki membengkak, kulit menjadi lebih gelap, sering merasa kram dan sebagainya. jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri yang telah dosbutkan, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

Ada baiknya Anda untuk mengikuti beberapa tips dari Futuready yakni situs persiapan untuk masa depan Anda dalam hal keuangan dan kesehatan. Dan berikut ini adalah tips agar anda dapat mencegah dan mendeteksi penyakit ginjal dan penyebabnya.

  1. Rutin mengontrol kadar gula pada darah.
  2. Rutin mengontrol tekanan pada darah Anda dan usahakan tekanan darah Anda normal sesuai dengan batasan usia Anda.
  3. Pandai mengendalikan lemak yang masuk dalam tubuh. Umumnya kolestrol baik yang mausk ketubuh berkisar  di atas 50 mg/dl sedangkan kolesterol buruk berkisar di bawah 100 mg/dl.
  4. Hentikan kebiasan merokok
  5. Bagi penderita diabetes, konsumsilah obat penurun tekanan darah yang dapat mencegah penyakit ginjal.
  6. Sering melakukan check up kesehatan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.