Pentingnya Peran Ayah Bagi Anak

Ayah merupakan sosok yang sangat dibanggakan oleh setiap anak. Anak pasti akan selalu menceritakan ayahnya pada teman- temannya. Oleh karena itu peran ayah sangatlah penting membentuk pribadi seorang anaknya. Ayah yang merupakan seorang pemimpin keluarga pasti selalu dianggap hebat oleh anak- anaknya. Tidak ada anak yang meragukan kemampuan sang ayah.

Di dalam keluarga ayah merupakan pemimpin utama untuk membawa kehormatan keluarganya. Banyak ayah yang beranggapan bahwa peran ayah tidaklah penting dalam ikut membesarkan seorang anak. Padahal peran ayah sangat penting bagi anak dalam membentuk kepribadiannya.

Kepribadian anak cenderung terbentuk dari melihat contoh yang menjadi panutannya saat masih kecil. Sosok ayah yang berwibawa dan bijak tentu akan membuat anak ingin meniru seperti ayahnya tersebut. Jika ayah memberikan contoh yang baik dan memberi panutan tentu saja anak akan menirunya dengan baik begitu juga sebaliknya, jika ayah memberikan contoh sikapnya yang tidak bertanggung jawab dan suka menipu. Tentu saja hal itu akan ditiru oleh sang anak.

Banyak orang mengatakan itu merupakan hukum karma karena ayahnya suka tidak bertanggung jawab tapi apakah para ayah tahu sebenarnya itu adalah hal yang dicontoh sang anak dari ayahnya. Oleh karena itu peran ayah sangatlah penting dalam mengembangkan kepribadian anak dan menjaganya agar tetap baik bahkan menjadi lebih baik.

Jadi, sebagai orangtua khususnya ayah tidak bisa kita menyalahkan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada anak dan menghakiminya begitu saja. Duduklah bersama dengan sang anak apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa dia melakukannya, bisa saja dia melakukan itu juga karena kelalaian kita. Sehingga miss komunikasi yang terjadi antara ayah dan anak bisa diminimalisirkan.

Demikian artikel tentang pentingnya peran ayah bagi anak ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Nantikan artikel-artikel menarik lainnya dari website kami.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.