Teknik Bola Basket Dasar: Dribble dan Jenis-jenisnya

Teknik bola basket tentu ada. Nah, sebelum menjadi pebasket yang andal ataupun itu hanya sekedar bisa saja, tentu juga harus mengetahui dasar bermain basket.

Saat duduk di bangku sekolah, Anda mungkin sudah diajarkan permainan basket. Tidak hanya mengasyikkan, permainan ini juga sangat menyehatkan dan memupuk semangat kompetisi dan kerjasama bagi anak-anak. Namun sudahkah Anda paham tentang berbagai teknik dasar bola basket ini? Bahkan mereka yang sudah sering bermain pun tidak semuanya menguasai atau memahami dasar-dasar teknik dengan baik.

Salah satu teknik dasar bermain basket yang sangat penting untuk dimiliki untuk Anda yang suka bermain basket adalah teknik menggiring bola atau dribble.

Melakukan dribble dengan baik tentu harus mengetahui teknik bola basket pada dasarnya memerlukan seperti dibawah ini, agar Anda bisa:

• Memegang bola dengan benar

Bentuk telapak tangan seperti mangkuk, tangan melekat di samping belakang bola, ujung jari memegangnya, ibu jari dekat badan. Cara ini mencegah bola bergerak liar.

• Mempertahankan tubuh rendah

Anda harus selalu menjaga posisi badan tetap rendah, dengan kuda-kuda yang tepat di mana salah satu kaki selalu di depan, lutut rileks, dan badan condong ke depan.

• Memantulkan bola dengan benar

Pantulkan bola ke lantai menggunakan tangan yang dominan. Begitu bola memantul ke tangan, gunakan ujung jari dan pergelangan untuk memantulkan bola ke lantai tanpa menangkapnya. Jaga agar pantulan tetap rendah dan cepat.

• Tangan harus di atas bola

Karena dengan demikian, Anda akan tetap memegang kontrol atas bola sepenuhnya. Jenis-jenis dribble ini sendiri ada bermacam-macam, misalnya: 1. Change of pace, dribble bergantian antara tangan kanan dan kiri. 2. Low or control dribble, santai untuk mengatur tempo dalam permainan. 3. Speed dribble, digunakan untuk counter attack lawan. 4. Crossover dribble, gerakan menyilang yang gunanya mengecoh lawan. 5. Behind the back dribble, gerakan sulit di mana dribble dilakukan di belakang badan demi melindungi bola.

Masih banyak lagi teknik selain dribble yang harus Anda ketahui, namun menggiring bola adalah teknik dasar bola basket yang paling iconic dan harus Anda kuasai. Karena tahu bagaimana menggiring bola adalah kemampuan dasar yang akan menentukan seberapa sering bola berada dalam kontrol tim Anda. Menguasainya akan meminimalisir kemungkinan lawan memegang bola.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.