3 Cara Menjaga Kebersihan untuk Kesehatan Ibu dan Anak Saat Hamil
Keinginan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak ketika masa kehamilan sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Sebab keinginan untuk tetap sehat saat hamil bisa didapatkan dengan menjaga kebersihan tubuh dari ujung rambut ke ujung kaki. Kebersihan yang terjaga akan membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari masalah kesehatan. Pasalnya berbagai jenis penyakit mudah masuk ke tubuh lantaran kondisinya yang kurang terjaga kebersihannya. Apa saja cara menjaga kebersihan tubuh ibu hamil? Tubuh ibu hamil yang cenderung rentan terhadap gangguan kesehatan memang perlu mendapatkan perhatian lebih. Berikut cara-cara tepat untuk menjadikan tubuh terjaga kebersihannya:
  1. Menjaga kesehatan mulut
Saat masa kehamilan ternyata tubuh ibu akan mengalami perubahan kadar hormon, perubahan ini berpengaruh terhadap kesehatan mulut. Gusi ibu hamil cenderung lebih lunak dan akan lebih mudah berdarah saat menggosok gigi. Namun bukan berarti berhenti membersihkan area mulut, Anda bisa berkonsultasi dengan bidan atau dokter untuk memilih pasta dan sikat gigi yang tepat. Kebutuhan berkumur sebaiknya menggunakan campuran air hangat dan garam.
  1. Menjaga kebersihan kulit dan payudara
Kebersihan kulit dan payudara yang terjaga menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan untuk ibu dan anak saat masa kehamilan. Caranya dengan mandi tiga kali sehari atau minimal dua kali dalam sehari agar kulit selalu bersih dan menggunakan sabun kesehatan. Kebersihan payudara juga wajib dijaga dengan membasuhnya menggunakan air hangat kemudian jangan ditarik-tarik. Cukup diusap saja, sebab jika ditarik bisa merangsang jumlah hormon oksitosin yang memperbesar resiko keguguran.
  1. Kebersihan alat kelamin
Menjelang proses persalinan para ibu hamil wajib menjaga kebersihan organ vitalnya agar persalinan lancar dan ibu serta bayi sehat. Menjaga kebersihannya cukup cebok menggunakan air yang bersih dan membersihkan bagian depan terlebih dahulu baru ke bagian dubur. Hindari menggunakan sabun khusus kewanitaan sebab akan membunuh bakteri baik di alat kelamin. Gunakan celana dalam yang longgar dan selalu memastikan alat kelamin dalam kondisi kering. Melalui cara ini kesehatan ibu dan anak menjelang persalinan bisa lebih terjaga.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.