Mengenal Gejala-gejala Awal Penyakit Diabetes

Memiliki kesehatan yang prima tentu menjadi impian semua orang. Gaya hidup sehat tentunya akan membuat tubuh Anda menjadi sehat dan berenergi walaupun usia terus bertambah. Sayangnya banyak orang yang tidak menjalankan gaya hidup sehat sehingga berisiko mengidap berbagai penyakit, salah satunya diabetes.

Fase awal gejala penyakit diabetes biasanya tidak terlalu dipedulikan karena gejalanya hampir sama dengan jenis penyakit lain. Padahal kondisi diabetes yang sudah kronis biasanya membahayakan kondisi sang penderita dan bisa berujung pada komplikasi penyakit lain. Di bawah ini ada beberapa gejala umum dari diabetes yang mungkin Anda atau anggota keluarga lainnya alami:

Sering Merasa Lapar

Gejala penyakit diabetes yang satu ini terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang optimal. Akibatnya, otot dan organ tubuh lainnya kekurangan energi dan mengirimkan sinyal ke otak untuk memunculkan rasa lapar.

Sering Merasa Lelah

Penurunan jumlah produksi insulin dalam tubuh tidak hanya berdampak pada meningkatnya rasa lapar secara berlebihan. Hal ini dikarenakan glukosa yang gagal diproduksi juga membuat asupan nutrisi bagi otot dan organ lain menjadi berkurang dan menyebabkan Anda mudah merasa lelah.

Kehilangan Berat Badan

Meskipun Anda makan lebih banyak dari biasanya, tubuh tetap mengalami penurunan kemampuan metabolisme untuk mencerna glukosa. Akibatnya, tubuh akan memperoleh energi dari cadangan lemak dan otot dalam tubuh. Hal ini tentu akan berdampak pada penurunan berat badan yang bisa terjadi secara drastis.

Pandangan Kabur

Ketika kadar gula darah Anda sudah terlalu tinggi, tubuh akan berusaha menstabilkan kadar gula tersebut dengan mengambil cairan dari organ tubuh lain termasuk lensa mata. Cairan yang berasal dari lensa mata tentu bisa membuat pandangan Anda kabur, dan jarak pandang menjadi terganggu.

Luka yang Tidak Kunjung Sembuh

Kadar gula yang tinggi cenderung membuat tubuh Anda mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan sulit melakukan recovery terhadap luka. Butuh kadar oksigen yang cukup agar luka bisa sembuh dengan cepat. Sementara, tingginya kadar gula darah akan menghalangi proses pengangkutan oksigen dari dan ke seluruh organ tubuh.

Meskipun Anda mengalami berbagai gejala penyakit diabetes, Anda tidak perlu terlalu khawatir atau panik. Dilansir Centers for Disease Control and Prevention, 5 Februari 2014, cek up kesehatan yang dilakukan dengan rutin dapat mendeteksi masalah kesehatan bahkan sebelum penyakit terjadi. Maka dari itu, ada baiknya cek up kesehatan dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mencegah penyakit termasuk diabetes baik untuk Anda maupun keluarga.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.