Dampak Positif Home Schooling
HOMESCHOOLING merupakan cara atau metode baru pembelajaran dan pendidikan yang di lakukan di rumah. Banyak orang tua mengira bahwa belajar di rumah merupakan cara supaya anak menjadi lebih pintar dan lebih baik dari pada sekolah formal. Namun , keduanya memiliki dampak positif dan dampak negatif masing – masing. Namun disini hanya akan di jelaskan dampak positifnya saja belajar di rumah. Berikut ini akan di paparkan beberapa keuntungan homeschooling :
  1. Belajar menjadi bebas , artinya bukan belajar sembarangan tetapi yang di maksud belajar bebas adalah anak-anak menjadi tidak mudah tertekan seperti pada umumnya di sekolahan formal dan anak –anak pun dapat belajar dengan kemauannya sendiri tanpa mengurangi pembelajarannya.
  2. Keleluasaan emosional , maksudnya adalah anak akan lebih merasa nyaman dan merasa tidak tertekan karena persaingan dan kompetisi seperti sekolah formal.
  3. Meningkatkan Hubungan keluarga semakin baik dan erat , maksudnya dengan belajar di rumah hubungan keluarga kita menjadi lebih mudah dan tidak mudah merasa canggung antar semua keluarga ataupun orang lain.
  4. Istirahat menjadi cukup , kita tahu bahwa istirahat yang kurang baik dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan begitu juga dengan tidur , dengan belajar seperti ini , anak – anak yang mengikuti pembelajaran di rumah akan mendapatkan istirahat yang cukup karena mereka dapat mengatur jam tidurnya sendiri.
  5. Mengurangi pengaruh buruk dari luar , dengan pembelajaran di rumah anak tidak akan mudah terpengaruhi dengan pergaulan bebas di luaran sana seperti , pergaulan bebas , penyalahgunaan narkotika , dan tawuran yang sering dilakukan anak – anak zaman sekarang.
Demikianlah beberapa dampak positif dari belajar di rumah.  

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.