Wisata Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep Lombok
Berwisata memanglah sangat menyenangkan, apalagi jika kita berwisata ke tempat yang memberikan pemandangan alam yang asri sekaligus menyegarkan. Di Lombok ada tempat wisata berupa air terjun yang pastinya akan menghilangkan segala penat dengan berkunjung ke air terjun tersebut. Nama air terjun itu adalah Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep.

air terjun sendang gile

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep berada di sekitar Guning Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Ada dua jalaur jika anda ingin mengunjungi tempat ini yaitu melalui jalur Senggigi atau jalur Pusuk namun memerlukan waktu yang cukup lama. Meski begitu semuanya itu akan terbayar dengan keindahan Air Terjun tersebut. Air Terjun Sendang Gile ini berasal dari atas tebing yang memiliki debit air yang cukup deras.  Jika anda ingin berenang di tempat ini juga bisa, karena di bawah air terjun terdapat sungai-sungai kecil.

air terjun tiu kelep

Jika anda ingin melalui jalur Pusuk, maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan persawahan dan hijaunya pegunungan, jalan yang dilewati akan sedikit berkelok dan menanjak sampai ke puncak Pusuk. Di puncak Pusuk juga ada tempat wisata yang bisa dinikmati, disana anda bisa mendapati monyet-monyet kecil yang berkeliaran dengan bebas.

panorama alam di air terjun sendang gile

Jika anda ingin melewati jalur Senggigi, anda akan akan menempuh jarak yang cukup jauh, namun tidak usah khawatir karena jika melewati jalur ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai pantai  bukanlah pegunungan. Ada beberapa antai uyang akan anda lewati yaitu, dimulai dari pantai Maninting, Batu Bolong, Senggigi, Kerandangan, Malimbu dan 3 pulau gili.

pintu masuk ke sendang gile

2 jam perjalanan waktu yang dibutuhkan untuk menuju gerbang air terjun ini, dan setelah sampai gerbang,  anda harus menguras sedikit tenaga dengan  menuruni tangga yang jumlahnya lumayan banyak dan memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Air Terjun Sendang Gile, sedangkan jika anda ingin menuju ke Air TerjunTiu Kelep yang ada di sekitar Sendang Gile, dapat di tempuh dengan waktu sekitar 15 menit dari air terjun Sendang Gile dengan berjalan kaki.

jalan menuju air terjun sendsang gile

Jika anda memasuki tempat ini, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2000/orang , di sana juga tersedia pemandu agar anda tidak tersasar itupun jika anda ingin menyewa jasa pemandu dengan tariff yang sudah disepakati. Kelebihan menyewa pemandu yaitu anda akan diajak ke track yang berbeda yang akanmembuat anda lebih berkesan berkunjung ke tempat ini.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.