sistem pengindraan
sistem indera manusia terdiri atas organ-organ yang sangat peka terhadap terhadap rangsangan-rangsangan tertentu. sistem indera juga bagian dari sitem syaraf yang berfungsi untuk proses penginderaan. dan sraf-saraf membawa rangsangan sistem indera berfungsi dengan baik. sistem indra juga adalah alat tubuh yang berguna untuk keadaan dari luar tubuh. dan alat indra ini sangat berfungsi unutk memenuhi kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini tanpa alat indra manusia tidak bisa melangsungkan kehidupannya. ada llima macam alat indra pada manusia :
  1. mata
  2. telinga
  3. hidung
  4. lidah
  5. kulit
 

indera

  kelima alat indera ini sangat berperan berbeda-beda karena sangat berbeda fungsi, letak, dan bentuk. 1. mata mungkin anda juga sudah tau peran mata dalam tubuh kita adalah untuk melihat. oragan mata adalah oragan yang menerima rangsangan-rangsangan cahaya  rongga mata terletak pada bagian mata dan dapat di gerakan ke arah mana saja, yang mengerakan rongga mata ada otot yang membantu mata  untuk bergerak. ini adalah otot-otot mata yang berfungsi menggerakan bola mata:
  • muskullus obligues okuli superior, berfungsi memutar mata ke atas ke bawah.
  • muskullus obigues okuli inferior, berfungsi menggerakn mata ke kiri ke kanan.
  • muskulus okuli medail ( otot di sekirtar mata) berfungsi menggerakan bola mata.
2. telinga telinga adalah sistem indera  yang peka terhdap rangsangan, berupa glombang suara. telinga manusai mampu mendengar suara dengan frekuensi 20-200 Hz. selain untuk mendengar telinga juga berfungsi untuk keseimbangan tubuh kita. agar tubuh kita tetap seimbang dan bisa menjlankan aktifitas kita sehari-hari. 3. hidung hidung adalah suatu rangsangan yang merangsang berupa rangsangan bau dan menaggapi berupa zat-zat kimia berupa gas. dan di dalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembau dan di lengkapi dengan sel-sel  pembau, yang mempunyai rambut untuk menghalangi debu-debu yang masuk kedalam paru-paru agar tidak terjadi penyakit dalam paru-paru. 4. lidah lidah adalah sautu alat yang bisa merasakan suatu rangsangan pengecep seperti manis asin asam pait dan rasa-rasa yang lainnya, lidah memiliki otot yang tebal dan di lindungi oleh lendir. 5. kulit kulit adalah alat indera yang peka terhadap rangsangan seperti panas, dingin dan rasa nyeri. kepekaan tersebut karena ujung-ujung saraf yang berda di bawah permukaan kulit.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.