Manfaat Yang Terdapat Pada Kuning Telur
Kuning telur Telur merupakan salah satu sumber bahan makanan yang kaya akan nilai gizi. Banyak sekali manfaat dari telur ini baik bagian putih telurnya maupun kuning telurnya. Telur mengandung protein yang tinggi, namun telur juga sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan karena kandungan kolesterol yang berada pada kuning telurnya. Namun, meskipun demikian telur lebih banyak manfaatnya daripada efek sampingnya. Efek samping telurpun itu bisa terjadi hanya jika di konsumsi secara berlebihan, dan seperti kita tahu bersama bahwa sesuatu yang berlebihan itu pasti ujung-ujungnya yang baikpun bisa jadi buruk. Nah, untuk mengetahui manfaat selengkapnya mengenai manfaat yang ada pada kuning telur mari kita bahas secara lengkap. Berikut manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan dari kuning telur.
  • Kuning Telur Memiliki lebih Banyak Vitamin
Kandungan vitamin pada kuning telur lebih banyak jenis dan jumlahnya jika di bandingkan dengan putih telur. Pada setiap kuning telur di dalamnya mengandung tujuh vitamin yang diantaranya ialah Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K dan asam folat.
  • Kuning Telur Memiliki Lebih Banyak Mineral
Telur memiliki kandungan mineral baik pada putih telurnya maupun pada kuning telurnya, namun kandungan mineral pada kuning telur lebih banyak jika di bandingkan dengan putih telur.
  • Baik Untuk Kesehatan Mata
Kuning telur di dalamnya terkandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Berdasarkan penelitian, karotenoid yang terdapat pada kuning telur tersebut mampu menurunkan risiko penyakit katarak dan juga age-related degeneration. Zat tersebut, sebagai antioksidan untuk mata sehingga dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak beberapa bagian retina.
  • Manfaat Kolin
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam kuning telur terdapat kandungan vitamin, mineral dan juga nutrien lain. Selain itu kandungan pada kuning telur juga terdapat kolin yang sangat bermanfaat dalam membantu memperbaiki kesehatan jantung serta kardiovaskuler. Itulah beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari kuning telur, jadi kita jangan pernah ragu untuk mengonsumsi telur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *