Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan
air_pujas Air merupakan sumber kehidupan, seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini akan punah jika tidak adanya air. Manusia bisa bertahan tanpa makan selama seminggu, tapi tanpa air manusia hanya bertahan 2 hari. Jelaslah dari sini kita bisa melihat betapa vitalnya air minum bagi kehidupan kita. Air merupakan nutrisi penting yang terlibat secara langsung dalam hampir seluruh fungsi tubuh. Air membantu metabolisme lemak tubuh, menjaga suhu tubuh agar tetap stabil, membantu kelancaran pencernaan, melumasi organ tubuh, mengangkut nutrisi dan membuang racun yang ada dari tubuh. Hal ini lah yang menjadi alasan ahli medis selalu menyarankan setiap orang untuk minum setidaknya 2 liter air perharinya, jumlah kebutuhan air bisa lebih banyak jika kelebihan berat badan dan juga setelah olah raga. Manfaat besar lainnya dari air putih ialah sebagai berikut.
  • Menangkis Otak Lemot. 
Perlu anda ketahui bahwa tubuh kita terdiri dari 70 persennya adalah air. Ketika kita kekurangan cairan atau air maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi yang berdampak negatif pada tubuh kita seperti berkurangnya kemampuan kognitif, kinerja otak yang berkurang, serta mood jadi buruk. Jika kinerja otak menurun, otomatis konsentrasi otak dan juga kewaspadaan menjadi kurang, artinya otak kita akan sulit dalam berfikir.
  • Menurunkan Risiko Batu Ginjal. 
Jika kita rutin setiap hari meminum air sebanyak 2 sampai 3 Liter, maka hal tersebut akan membuat pembentukan batu ginjal berkurang serta dengan meminum air secara rutin sebanyak itu juga akan menurunkan infeksi saluran kemih. Hal ini seperti di sampaikan oleh Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD. KGH, dari Divisi Ginjal Hipertensi FKUI/RSCM.
  • Mencegah Diabetes. 
Menurut para peneliti dari Harvard School of Public mengatakan bahwa penggantian minuman dari yang manis ke air putih biasa akan membantu pencegahan gangguan metabolisme yang menjadi pemicu risiko diabetes.
  • Bebas Jerawat. 
Menurut dokter spesialis kulit yang bernama Lilik Norawati, SpKK , mengatakan bahwa mayoritas orang beranggapan kondisi wajah yang berminyak akan menyebabkan jerawat. Akibatnya, mereka sering menggunakan cleanser untuk mengurangi minyak tersebut. Namun ternyata hal ini salah besar, karena cleanser malah akan membuat kulit menjadi dehidrasi dan kering sehingga menyebabkan munculnya bintik-bintik merah di wajah. Dokter spesialis kulit tersebut menyarankan agar jika memiliki kulit berminyak lebih baik rajin minum air, karena dengan minum air putih tingkat minyak pada wajah akan berkurang dengan sendirinya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.