Lensa Kontak Vs Kacamata, Manakah yang lebih Sehat?
lensa kontak Vs Kacamata Bagi seseorang yang memiliki penyakit rabun pada matanya, kacamata atau lensa kotak mungkin salah satu solusinya untuk membantu penglihatan agar menjadi lebih jelas. Namun, dari kedua alat tersebut yang manakah yang lebih aman dan sehat untuk mata anda, kacamata atau lensa kontak? Saat ini kaca mata ataupun lensa kontak sudah banyak di pakai oleh banyak orang yang sebenarnya memiliki mata sehat. Tujuannya mungkin untuk memperbaiki penampilan agar lebih terlihat gaya. Namun, kalau sudah bosan memakainya, alat-alat tersebut bisa di tinggalkan lagi. Namun, bagi mereka yang memiliki kelainan pada mata reaksi mata mereka, meninggalkan lensa kontak atau kaca mata akan terasa sulit dan harus terus setia dalam menemani hari-harinya karena tanpa lensa kontak atau kacamata mereka tidak bisa melihat dengan baik dan jelas. Banyak anggapan di masyarakat yang berpendapat bahwa penggunaan kacamata lebih sehat jika dibandingkan dengan penggunaan lensa kontak. Namun, beberapa pendapat lain juga mengatakan bahwa lensa kontaklah yang lebih cocok digunakan oleh mata. Dalam masalah penglihatan kedua-duanya memang sama-sama bisa menolong dalam memperjelas penglihatan mata. Namun, umumnya dokter ternyata lebih menyarankan seseorang yang memiliki masalah penglihatan untuk memakai kacamata terutama apabila anda tidak telaten dalam menggunakan lensa kontak. Lensa kontak juga bisa menyebabkan mata cepat mengalami kekeringan. Nah, untuk lebih jelasnya anda bisa mempertimbangkan manakah yang lebih baik anda pakai antara lensa kontak dan kacamata.
  • Lensa Kontak Dapat Memberi Pandangan Lebih Luas
Lensa kontak akan memberikan kemampuan mata anda memandang lebih luas jika di bandingkan memakai kacamata. Hal tersebut terjadi karena lensa memang melekatdi bola mata, sehingga anda dapat memandang dari seluruh sudut pandangan mata anda.
  • Kacamata Memberikan Perlindungan Mata dari Sinar Matahari Secara Langsung
ketika anda bekerja di depan layar komputer dalam waktu cukup lama, otomatis mata akan bekerja cukup keras menahan sinar dari layar komputer, nah apabila anda menggunakan kacamata maka sinar tersebut dapat di tahan dengan susunan anti-silau, dalam hal ini kacamata memberikan perlindungan lebih baik jika dibandingkan dengan lensa kontak.
  • Lensa Kontak Menyebabkan Mata Kering
Pemakaia lensa kontak akan menghambat masuknya oksigen ke mata. Karena lensa kontak menempel pada bola mata, otomatis mata akan cepat kering. Dan hal tersebut biasanya akan menyebabkan masalah pada mata seperti mata merah, kering dan di sertai gatal terutama ketika menggunakan lensa kontak dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengurangi masalah tersebut biasanya penderitanya akan menggunakan obat tetes mata untuk meringankan gejalanya.
  • Luas Pandangan Lebih Sempit Ketika Memakai Kaca Mata
Kacamata memang akan memberikan perbaikan dalam penglihatan, namun kacamata seakan-akan membingkai keleluasaan pandangan bagi penggunanya. Ketika memilih kacamata sebagai alat bantu penglihatan, seseorang hanya bisa melihat di area kacamatanya saha.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.