Ciri Negara Maju Dan Negara Berkembang
korea1 Di era globalisasi seperti sekarang ini, kemajuan dari ilmu pengetahuan dan tekhnologi sangat mempengaruhi dan mempunyai andil besar dalam penentuan kemajuan suatu negara. Oleh sebab itu dalam melakukan identifikasi negara mana yang termasuk sebagai negara maju dan negara mana yang termasuk sebagai negara berkembang dapat di lihat dari kemajuan tekhnologi serta hasil pembangunan yang di capai. Penggolongan negara mana yang maju dan berkembang tidak hanya dilihat dari pendapatan perkapita, namun masih banyak faktor lain yang juga mesti di pertimbangkan seperti tingkat kesehatan, angka kelahiran dan kematian, angka harapan hidup, tingkat pendidikan, pertumbuhan penduduk dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan ciri-ciri negara maju dan berkembang sebagai berikut.
  • CIRI-CIRI NEGARA MAJU Negara maju dapat di artikan sebagai negara yang memiliki tingkat kemakmuran penduduknya yang cukup tinggi jika di bandingkan negara lainnya. Ciri-ciri negara maju selengkapnya sebagao berikut. 1. Mayoritas Penduduk bekerja di sektor jasa dan Industri.
2. Pendapatan perkapitanya, yaitu di atas atau lebih dari 10.000 Dolar AS. 3. Pengelolaan Sektor pertanian dilakukan secara intensif dengan menggunakan peralatan modern. 4. Sumber daya manusianya memiliki kualitas yang baik ata tinggi. 5. Pertumbuhan penduduknya sangat rendah yaitu di angka 0,1 % sampai 1 % pertahunnya. 6. Angka Mortalitas dan Natalitas relatid rendah serta angka harapan hidup rata-rata mencapai usia di atas 67,5 tahun. 7.Tingkat pendidikan penduduk tinggi. 8. Konsentrasi penduduknya banyak di perkotaan.
  • CIRI-CIRI NEGARA BERKEMBANG Negara berkembang ialah negara yang memiliki tingkat pendapatan perkapitanya rendah. Ciri-ciri negara berkembang, ialah sebagai berikut : 1. Sebagian besar penduduk di negara berkembang bekerja di sektor pertanian. 2. Pendapatan per kapita di bawah 10.000 Dolar AS. 3. Tingkat pertumbuhan Penduduk tinggi yaitu di atas 2.
4. Lapangan Kerja kurang, sehingga tingkat pengangguran sangat tinggi. 5. Kualitas dari SDM masih sangat rendah, serta penguasaan ilmu dan tekhnologi menjadi terhambat. 6. Pendidikan formal dan non formal krang memadai. 7. Memiliki ketergantungan kepada negara maju sangat tinggi. 8. Penduduk Mayoritas tinggal di pedesaan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.