Mengenal Jenis-Jenis Saham
saham Pada artikel terdahulu saya sudah banyak memberi penjelasan mengenai  saham. Seperti yang sering saya katakan bahwa bisnis saham merupakan bisnis yang paling populer dan sangat populer di pasar modal. Rating Saham selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan bahkan sudah mulai menyingkirkan model bisnis investasi lainnya terutama di pasar modal. Ketika anda berjalan-jalan di Mall lalu anda melihat orang dewasa justru malah bersantai di jam-jam sibuk kerja, mungkin anda heran apakah dia pengangguran? Atau mungkin memang bolos kerja? Sebenarnya bisa saja mereka merupakan investor pemegang saham. Jika anda menjadi investor anda memang tinggal hanya bersantai-santai saja sambil mendapatkan keuntungan yang mengalir. Anda ingin menjadi seperti mereka? Yang tidak perlu setiap saat datang untuk memantau perkembangan bisnis? Cobalah berbisnis investasi saham. Bahkan saat ini pemantauan saham bisa di lakukan melalui internet dan bisa dilakukan dimana saja, bahkan anda bisa memantaunya di cafe sambil minum kopi dan bersantai ria. Bisnis saham ini sangatlah hebat jika anda memahaminya dengan baik. Nah, untuk meningkatkan pemahaman anda mengenai saham anda juga perlu mengetahui jenis-jenis saham, selain memahami pengertian dan cara menganalisis saham. Jenis-jenis saham yang secara umum ada di pasar modal ialah sebagai berikut.
  • Saham Biasa (Common Stock)
Pemegang saham jenis ini bisa di katakan sebagai wakil kepemilikan perusahaan yang tergantung pada besar modal atau saham yang di tanamkan. Keuntungan yang akan di dapatkan dari saham jenis ini ialah berupa Dividen yang berasal dari keuntungan yang di dapatkan perusahaan. Namun, saham jenis ini tidak mempunyai jaminan  keuntungan yang pasti. Apabila perusahaan mendapatkan keuntungan, maka pemegang saham akan mendapatkan keuntungan juga berupa dividen sesuai dengan ketentuan RUPS yang telah di tetapkan sebelumnya. Dan jika perusahaan mengalami kebangkrutan dan di liquidasi maka pemegang saham memiliki prioriitas terakhir untuk mendapatkan hak aser perusahaan setelah segala kewajiban di lunasi.
  • Saham Preferen (Preferred Stock)
Saham jenis ini istilah kerennya Hybrid. Saham jenis ini merupakan gabungan dari sifat saham tapi  memiliki sifat layaknya obligasi. Pemilik saham preferen akan mendapatkan pembayaran keuntungan atau dividen secara teratur, dan sebesar harga saham yang di kalikan dengan ketetapan bunga yang telah di tetapkan setiap tahunnya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.