Tips Mengatur Jadwal Tidur Bagi Pekerja Malam

shift-malam

Hello Bro! Mungkin di antara anda ada yang suka bekerja malam hari atau kebagian kerja shift malam? Hal tersebut pasti cukup merepotkan anda, dan sedikit mengacaukan waktu istirahat anda. Perlu anda ketahui bahwa jika pergeseran jam biologis tersebut tidak di atur atau di adaptasikan pelan-pelan ke tubuh maka risiko kesehatan serius bisa mendatangi anda seperti timbulnya penyakit kanker, serangan jantung, obesitas, diabetes dan sebagainya. Jika anda ingin menghindari dan meminimalisir risiko tersebut, maka anda harus lebih mencermati mutu tidur. Orang yang bekerja pada shift malam biasanya akan dijalani oleh pekerjaan seperti Pekerja Medis, Pemadam kebakaran, Polisi dan sebagainya. Perlu sekali bagi orang yang bekerja pada shift malam untuk menyusun strategi agar tubuh bisa menyesuaikan diri dengan jam kerja yang cukup tidak teratur. Nah, disini saya mempunyai beberapa tips bagi anda yang bekerja pada shift malam.
  • Lupakanlah Peluang Perlu anda ketahui bahwa bekerja pada shift malam memberikan tekanan yang besar terhadap tubuh anda, risiko terserang beberapa penyakit pun makin besar. Selain itu, selain bekerja pada shift malam itu membuat tubuh tertekan, waktu juga akan tersita cukup banyak. Ketika anda bekerja pada shift malam waktu berkumpul bersama keluarga makin sedikit, waktu untuk menghibur diri pun jadi tidak ada. Padahal refreshing diri itu sangat penting. Namun, jika anda tetap di tuntut untuk bekerja shift malam karena anda seorang polisi, pekerja medis, dan pemadam yang tidak bisa menolak bekerja shift malam. Usahakan agar anda mencari cara agar tubuh bisa menyesuaikan diri.  Nah, namun jika anda bekerja malam karena anda memerlukan pendapatan tambahan maka lupakanlah peluang tersebut, karena perlu anda ingat uang tambahan tersebut akan sia-sia jika anda mengalami serangan penyakit yang memerlukan penanganan melebihi uang tambahan yang anda dapatkan.
  • Komunikasikan Dengan Pasangan Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa bekerja pada shift malam akan menyita waktu anda bersama pasangan serta keluarga, oleh karena itu ketika anda mendapatkan kerja shift malam komunikasikanlah kepada pasangan anda buat lah agar pasangan serta keluarga mengerti dengan kondisi anda.
  • Berikanlah Peringatan Pada Tubuh Sepanjang 3 Hari Agar tubuh anda bisa menyesuaikan diri denga perubahan jam biologis dan jam tidur anda, maka sebelum anda akan bekerja pada shift malam, rubahlah jam tidur sejak 3 hari sebelumnya. Misal jika anda terbiasa tidur jam 22.00 tundalah waktu tidur pada jam 24.00, begitupun hari selanjutnya. Tunda waktu tidur secara bertahap jangan langsung sekaligus misal anda terbiasa tidur jam 22.00 lalu dengan tiba-tiba anda merubahnya ke jam 4.00 pagi hal tersebut akan membuat tubuh anda kaget dan terkena berbagai risiko.
  •  Pertahankan Jadwal Tidur Setelah anda mengatur dan melakukan penyesuaian jadwal tidur, maka selanjutnya pertahankanlah secara konsisten jam tidur anda. Hal ini bertujuan agar tubuh bisa mengerti siklus kapan anda istirahat dan kapan anda harus terjaga.
  • Bangun Serta Berjalan-jalan Di Luar Rumah Meskipun anda bekerja pada shift malam bukan berarti anda harus merubah siang menjadi malam, malam menjadi siang. Maksudnya jadi bekerja pada shift malam bukan berarti anda harus menggunakan siang cuman untuk tidur, anda pun perlu sinar matahari. Oleh karena itu usahakan di siang hari untuk tidak hanya tidur, namun olahraga dan jalan-jalan di luar rumah juga sangat perlu.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.