Tips Memahami Beberapa Bahasa Tubuh
bahasa-tubuh-marah Bahasa tubuh atau Body Language ialah istilah yang mungkin sering anda dengar. Bahasa tubuh sebenarnya merupakan salah satu bentuk komunikasi. Diantara anda mungkin ada yang sering melihat kebawah ketika melakukan pembicaraan? Atau memainkan rambut ketika berbicara? Dan sebagainya. Hal tersebut sebenarnya bukanlah gerakan biasa, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya hal tersebut adalah bentuk komunikasi. Kenapa saya katakan hal tersebut sebagai bentuk komunikasi? Karena isyarat yang dilakukan tubuh kita itu memiliki arti. Apa yang ingin anda katakan kepada seseorang tidak hanya terefleksi dalam kata-kata yang keluar dari mulut. Namun, dengan hanya gerakan atau isyarat tubuh saja itu bisa merefleksikan apa yang ingin anda katakan. Nah, berikut ini ada beberapa gerakan bahasa tubuh yang didalamya mengkomunikasikan sebuah arti.
  • Berdiri Dengan Kedua Kaki Merapat
Kalau bahasa tubuh yang ini semua orang pasti sudah tahu apa arti dari gerakan atau isyarat tubuh tersebut. Biasanya bahasa tubuh ini mirip dilakukan oleh para tentara, yang mana gerakan tubuh ini memiliki arti bahwa kita sedang menunjukan rasa hormat.
  • Berdiri Dengan Kedua Kaki Terpisah Sejajar Bahu
Posisi berdiri dengan kedua kaki di buka sejajar dengan bahu, atau ditambah dengan kedua tangan yang ditempatkan di pinggul. Hal tersebut memberi sinyal kekuasaan serta kebulatan tekad, selain itu posisi ini juga untuk memberikan penegasan terhadap sisi anda seperti pada suatu diskusi atau dalam perdebatan.
  • Cara Anda Menggerakkan Tubuh Anda Merefleksikan Sikap Anda
Ketika anda menggerak-gerakan tubuh anda ke kesana kemari hal tersebut berarti mengindikasikan bahwa anda sedang merasa kecewa atau gugup. Pada dasarnya, hal tersebut merupakan refresentasi alami dari fisik terhadap sesuatu yang sedang terjadi dalam pikiran anda. Jika pikiran kita terganggu, biasanya otak tidak mau menderita sendirian maka fisik kita akan disuruh untuk melakukan gerakan.
  • Menyilangkan Tangan Serta kaki
Posisi ini sebenarnya memberi arti bahwa seseorang sedang bersikap defensif. Biasanya ketika seseorang pada posisi seperti ini akan bersikap dingin, namun terkadang banyak orang juga yang memang hanya merasa nyaman ketika pada posisi seperti ini.
  • Jari-jari Kaki Yang Saling Menunjuk Ke Arah Dalam
Posisi seperti ini biasanya mengindikasikan bahwa seseorang sedang merasa canggung ataupun merasa gelisah, dan ketika seseorang pada kondisi ini biasanya akan menutup diri. Namun, jika seseorang tersebut duduk tegap dengan posisi bahu sejajar serta dengan kepala tegak ke atas, bahasa tubuh ini mengindikasikan bahwa seseorang ingin memberi tahu sesuatu yang sebanarnya.
  • Membuka tangan Dengan Cara Melebarkannya
Posisi ini biasanya anda lihat, ketika seseorang sedang berpresentasi karena memang bahasa tubuh ini ingin menyampaikan bahwa seseorang sedang terbuka dengan gagasa-gagasan baru yang ditawarkan. Namun jika seseorang mengepalkan tangan atau mengarahkan telapak tangan kebahah berarti seseorang tersebut sedang menunjukan posisi yang kuat dan merasa yakin.   Ya, mungkin itulah sedikit mengenai bahasa tubuh. Namun, sebenarnya masih banyak lagi bahasa tubuh yang bisa kita terjemahkan, namun karena keterbatasan waktu. Mungkin lain kali saya akan membahas arti dari bahasa tubuh lainnya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.