Tips Menahan Marah
Ini-Akibatnya-Jika-Sering-Marah-marah Marah merupakan hal yang sangat wajar karena marah ialah salah satu bentuk emosi dari diri kita. Namun, amarah yang berlebihan dan tidak terkendali akan berakibat fatal karena kita bisa berbuat sesuatu yang bisa menyakiti fisik maupun perasaan orang lain. Selain itu, perlu anda ketahui bahwa marah juga bisa berefek buruk terhadap kesehatan, karena marah akan membuat hormon stress meningkat. Maka dari itu pengendalian diri ketika marah atau mengendalikan rasa marah itu sangat perlu. Banyak penyebab yang membuat kita marah seperti rasa tersinggung, ketidak sukaan melihat tindakan orang lain, dan sebagainya. Agama islampun sebenarnya ketika kita muncul rasa marah, alangkah lebih baiknya kita bersabar dan menahan rasa marah tersebut “La Taghdob Walakal Jannah; Janganlah marah maka Surgalah Bagimu”. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengendalikan rasa marah yang menggebu-gebu.
  • Tariklah Nafas dalam-dalam ketika dalam hati timbul dorongan untuk bereaksi terhadap sesuatu hal yang membuat anda marah. Ketika anda mengalami hal tersebut lebih baik anda diam sejenak kemudian tarik nafas dalam-dalam selama 5 detik. Jika dengan cara tersebut rasa marah masih timbul di hati anda, maka lebih baik anda hindari situasi yang membuat anda marah dan tegang.
  • Lakukanlah aktifitas fisik yang mampu mengendalikan rasa marah anda, terutama ketika rasa marah anda menggebu-gebu. Jika anda merasa sangat marah dan timbul dorongan untuk bereaksi lebih baik anda langsung jalan-jalan keluar, atau melakukan olahraga serta aktifitas lain yang membuat anda merasa lebih baik. Perlu anda ketahui bahwa aktifitas fisik bisa memproduksi hormon yang membuat anda merasa bahagia.
  •  Ketika anda marah, lakukan lah relaksasi pada diri anda agar anda bisa merasa lebih tenang seperti mendengarkan musik, melakukan olahraga yoga, menulis dan sebagainya.
  •  Ketika anda marah fokuskanlah diri anda kepada solusi, dan bukan pada amarahnya. Tekankan pada diri anda bahwa marah tidak akan mampu menyelesaikan masalah rasa marah berlebihan justru akan membuat situasi menjadi kacau dan masalah pun menjadi tambah besar.
  • Koreksi diri anda sendiri, karena bisa saja yang membuat anda marah bisa jadi itu karena akibat ulah diri anda sendiri dan bukan di sebabkan oleh orang lain. sebelum anda marah kepada orang lain lihatlah diri sendiri terlebih dahulu.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.