Tips Mencegah dan Mengatasi Rambut Yang Beruban
uban Rambut memang sacara alami akan mengalami perubahan warna, terutama ketika sudah tua. Perubahan warna tersebut ialah terjadinya perubahan warna dasar rambut menjadi memutih atau dengan istilah beruban. Namun saat ini uban justru terdapat juga pada orang yang masih muda dan hal tersebut tetnunya akan mengganggu penampilan mereka dalam melakukan pergaulan sehari-hari. Karena biasanya mereka akan di olok-olok masih muda kok sudah ubanan?. Saat ini memang banyak yang berusia muda yang dibawah 30 tahun, namun sudah memiliki rambut berwarna putih di rambutnya. Ada beberapa Penyebab atau daktor perubahan warna pada rambut menjadi beruban, yang diantaranya sebagai berikut.
  • Faktor Internal
Bagi orang yang masih muda tapi sudah beruban itu bsa saja di akibatkan karena faktor genetis atau keturunan. Sayangnya, bagi orang yang memiliki uban terlalu dini karena faktor genetis akan sulit di cegah dan di sembukan. Hal tersebut dikarenakan metabolisme pembentukan pigmen pada orang yang mempunyai faktor keturunan, tidak bisa bertahan lama. Sehingga uban pada rambut berkembang sangat cepat.
  • Faktor Eksternal
Selain faktor keturunan, rambut yang beruban sejak dini juga bisa diakibatkan karena faktor yang mampu merangsang pertumbuhan uban pada rambut menjadi lebih cepat. Biasanya hal tersebut berkaitan dengan gaya hidup serta lingkungan. Contoh faktor eksternal yang menyebabkan timbulnya uban lebih dini yaitu kekurangan gizi dan suplai makanan pada akar rambut, pola makan yang kurang sehat, kurang memakan-makanan berserat dan vitamin A, begadang, kelelahan saraf mata, merokok, terlalu banyak minum alkohol dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi timbulnya uban lebih dini. Faktor eksternal yang paling cepat menimbulkan tumbuhnya uban di rambut, yakni stress. Nah, untuk mencegah dan mengatasi tumbuhnya uban ikutilah beberapa tips yang saya berikan berikut ini.
  • Konsumsilah makanan-makanan yang bergizi serta menjaga pola makan yang seimbang. Pilhlah beberapa makanan yang mengandung banyak protein serta yang memiliki kadar lemak yang rendah, dan terakhir jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan untuk asupan vitamin.
  • Selain menjaga pola makan yang seimbang, dengan melakukan olahraga juga bisa mencegah timbulnya uban. Karena olahraga yang teratur mampu menghambat timbulnya pertumbuhan uban. Olahraga akan menenangkan saraf dan pikiran kita sehingga hal tersebut akan mempengaruhi perlambatan timbulnya uban.
  • Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang memerlukan nutrisi. Oleh karena itu, berilah nutrisi secara rutin pada rambut anda dengan memberikan vitamin khusus rambut yang aman, dan disarankan untuk sebelumnya berkonsultasi dengan doktar agar tidak salah memilih nutrisi rambut. Selain itu, anda juga harus rajin melakukan perawatan rambut seperti creambath.
  • Pencegahan timbulnya uban, solusi yang lainnya ialah dengan melakukan terapi tusuk jarum atau biasa dikenal dengan istilah akupuntur. Terapi akupuntur untuk mencegah timbulnya uban biasanya akan menusukkan lima jarum pada lima titik saraf inti di kepala. Jika anda memilih terapi akufuntur untuk mencegah uban, disarankan untuk berhati-hati dalam memilih pengobatan akupuntur nya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.