Tips Aman Berinternetan Via Hotspot Umum
hotspot Saat ini layanan internet gratis untuk umum semakin banyak saja terutama untuk koneksi internet via Wifi atau Hotspot. Layanan koneksi gratis via wifi atau hotspot gratis untuk umum biasanya kita temui di tempat fasilitas umum seperti kafe, restoran, kampus dan sebagainya. Layanan koneksi internet gratis tersebut tentunya sangat menguntungkan, karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya internet. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui ancaman program jahat yang bisa mengancam laptop atau gadget anda, ketika anda menggunakan vasilitas hotspot publik. Karena biasanya hotspot untuk umum sistem kemanannya sangat kurang dan kurang mumpuni. Oleh karena itu agar kita terhindar dari berbagai ancaman jahat yang bisa saja merusak komputer atau gadget kita, maka anda perlu untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini.
  • Matikan Mode Sharing
Ketika anda menggunakan fasilitas hotspot untuk umum, jangan lupa untuk terlebih dahulu mematikan mode sharing. Hal tersebut bisa dilakukan dengan terlebih dahulu masuk ke control panel kemudian pilih file, printer, internet sharing lalu klik pilihan tersebut dan pilih not aktifkan. Hal tersebut sangat berguna untuk mencegah hacker yang bisa saja menghack komputer anda, bahkan hacker bisa mengontrol remote login jika anda lupa mematikan sharing mode tersebut.
  • Dapatkan Virtual Private Network (VPN)
Cara yang paling ampuh dan aman ketika berinternetan menggunakan jaringan publik ialah dengan menggunakan VPN. VPN akan memberikan kemanan pada komputer anda meskipun anda menggunakan fasilitas jaringan publik.
  • Hindari Sambungan Wi-Fi Otomatis
Bagi anda yang menggunakan fasilitas jaringan publik via tablet atau smartphone, perlu anda ketahui bahwa perangkat tersebut diatur untuk menghubungkan ke wifi secara otomatis. Padahal, hal tersebut bisa membahayakan perangkat gadget anda, nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan non aktifkanlah fasilitasi koneksi wifi otomatis.
  • Gunakan Secure Socket Layer (SSL)
Agar komputer atau gadget anda tetap aman saat menggunakan fasilitas jaringan publik. Aktifkanlah plugin SSL Everywhere agar ketika anda mengunjungi situs tertentu tetap aman. SSL Everywhere bisa anda dapatkan di plugin browser, jika anda bingung menggunakan aplikasi tersebut search saja di google untuk cara lebih lengkapnya.
  • Hidupkan Firewall Anda
Firewall merupakan salah satu sistem keamanan default yang ada di komputer atau gadget anda. Firewall bisa membantu dalam mengamankan gadget anda ketika terkoneksi ke internet, maka dari itu selalu aktifkan firewall pada gadget anda.
  • Jalankan Software Anti-Virus
Saat ini antivirus telah mengalami perkembangan, sehingga antivirus tidak hanya mendeteksi virus dan malware saja. Antivirus sekarang biasanya sudah mendukung aplikasi pengamanan koneksi jaringan. Oleh, karena itu gunakanlah antivirus terbaru untuk mengamankan komputer dan gadget anda.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.