Tips Sukses Memulai Usaha Kecil
WIRAUSAHA n Di dunia ini banyak pengusaha sukses yang dulunya tidak langsung mempunyai usaha besar, bahkan Bill Gates dan mark Zukerberg pun yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia, memulai usahanya dari yang kecil. Jika ada orang yang langsung punya usaha besarpun biasanya hanyalah usaha warisan turun-temurun dari orang tuanya. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan, gimana sih caranya agar sukses berwirausaha dari mulai usaha kecil agar bisa berkembang sampai punya usaha dengan omset milyaran? Ok, disini saya punya tipsnya simak beberapa tips berikut ya bro!
  • Lebih realistis.
Ketika anda ingin membuat usaha dan model bisnis sendiri, sebelum anda merealisasikan rencana tersebut. Pertama-tama yang harus di lakukan ialah melihat sekeliling, terutama ke model bisnis yang sama dengan yang akan anda jalani, kemudian pelajari mereka yang sudah memulai langkah duluan. Namun, bila anda tidak menemukan satupun yang sama dengan model bisnis yang akan anda jalani, cobalah berfikir ulang untuk mencari alternatif lain karena di dunia nyata biasanya tidak berhasil. Tapi tidak ada salahnya jika anda tetap ingin mencobanya.
  • Jangan menginvestasikan uang sendiri.
Jika anda memulai suatu usaha hanya seorang diri, maka anda di jamin akan kesulitan. Bukan hanya kesulitan dalam hal menjalankannya tapi yang lainnya juga seperti masalah modal, ide, dan sebagainya. Berwirausaha mempunyai risiko tinggi, jika anda menjalankan seorang diri dengan modal sendiri maka risiko bangkrut sangat tinggi. Namun, jika anda berpartner dengan orang lain maka risiko itu akan berkurang karena anda tidak menghabiskan terlalu banyak uang, karena modal di tanggung bersama partner. Selain itu, jika anda pun ingin tetap berbisnis sendiri usahakan agar mencari investor yang mau mendanai usaha anda. Awal usaha di usahakan jangan meminjam ke bank dan yang lainnya. Karena hal tersebut akan membahayakan usaha anda, alih-alih ingin sukses nanti malah tidak fokus karena di kejar utang dan yang ada malah bangkrut.
  • Perbudak diri sendiri.
Berwirausaha perlu tekad dan kerja keras sangat tinggi, karena ketika anda berwirausaha anda akan menemui berbagai rintangan dan hambatan, selain itu anda juga akan mengorbankan banyak hal waktu, tenaga dan uang karena membangun usaha itu tidak mudah butuh pengorbanan besar. Jadi mulai sekarang anda harus “perbudak” diri sendiri agar melupakan keuntungan semata, bermanja-manja, bersenang-senang, dan terlalu banyak santai. Tapi anda jangan pantang menyerah dengan kondisi demikian karena menurut pepatahpun “bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian”.
  • Hargai waktu.
Bagi seorang wirausahawan waktu adalah uang, jika anda termasuk orang yang tidak menghargai waktu maka anda tidak cocok jadi pengusaha. Ketika anda berwirausaha usakan untuk memberi nilai pada setiap waktunya misal per hari anda harus mendapatkan keuntungan sekian, dalam sejam anda harus mendapatkan sekian, dan anda setiap harinya harus memaksimalkan waktu 24 jam, agar bisa bermanfaat dan tidak ada yang terbuang sia-sia.
  • Rekrut karyawan dengan baik.
Setiap usaha pasti memerlukan karyawan, tak peduli usaha itu kecil atau besar. Seseorang yang memulai usahanya tanpa karyawan lama-kelamaan pun pasti akan butuh yang namanya karyawan. Nah, ketika melakukan perekrutan karyawan usahakan agar jangan tergesa-gesa, lakukan dengan hati-hati dengan proses seleksi yang cukup ketat. Agar anda mampu menjaring karyawan yang terbaik bagi usaha anda. Karena karyawan, akan berpengaruh besar terhadap kemajuan usaha anda.
  • Jual kelebihannya, bukan harganya.
Ketika menjual suatu produk, yang harus anda tawarkan dan menjadi prinsip dalam penjualan anda yaitu anda menjual kualitas. Ketika anda berwirausaha mungkin anda akan berfikir pada persaingan harga, sehingga anda berfokus pada adu harga dengan pengusaha lain sejenis. Nah, sebenarnya kunci penjualan itu satu yaitu kualitas, karena biasanya pembeli pun akan datang sendiri jika anda mempunyai kualitas produk yang baik.
  • Jadilah yang terbaik.
Ketika anda memulai suatu usaha jangan melakukannya setengah-setengah, lakukanlah usaha anda semaksimal mungkin dan berfikir untuk menjadi yang terbaik di antara pengusaha-pengusaha lainnya. Berikan kualitas dan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Fokus kepada kepuasan pelanggan dan bukan fokus pada keuntungan. Karena, jika anda fokus kepada keuntungan dan mengabaikan kualitas dan pelayanan. Anda, memang bisa melakukan hal itu tapi di jamin usaha anda akan bertahan sementara.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.