Tips dan Trik Mengatasi Laptop Yang Terkena Air
spilled_laptop Laptop merupakan salah satu gadget atau alat elektornik yang tidak diciptakan atau dirancang untuk tahan terhadap air, meskipun saat ini telah ada laptop yang tahan air dan tahan banting, namun laptop dengan teknologi tersebut masih banyak yang belum di miliki dan mayoritas pengguna laptop masih menggunakan laptop yang tidak tahan air. Terkadang akibat kecerobohan dan ketidaksengajaan pengguna, banyak kasus laptop yang terkena air sehingga air tersebut masuk dan mengenai berbagai komponen penting dari laptop. Akibat kejadian tersebut biasanya komponen-komponen pada laptop kita menjadi rusak atau terjadi konslet sehingga, laptop yang digunakan tidak berfungsi. Nah, jika suatu saat anda mengalami kejadian seperti ini maka perhatikanlah langkah darurat yang bisa anda lakukan untuk menghindari kerusakan komponen pada laptop sebagai berikut ini.
  • Ketika laptop anda terkena tumpahan air, usahakanlah untuk sesegera mungkin mematikan laptop anda, lalu balik laptop anda supaya air keluar dan tidak banyak menyebar ke komponen lain. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya interaksi air terhadap komponen dan kabel yang bisa mengakibatkan konslet pada laptop anda.
  • Ketika laptop anda masih dalam keadaan basah dan belum kering, maka dilarang keras untuk menghidupkan laptop yang terkena air tersebut. Jika dinyalakan maka akan berakibat fatal pada laptop anda seperti yang telah di jelaskan sebelumnya yaitu akan terjadinya konslet yang mengakibatkan laptop tidak lagi berfungsi.
  • Jika bagian tempat battery, atau komponen lainnya terkena air maka sesegera mungkin setelah mematikan langsung mencabut battery dari tempatnya, kemudian bagian-bagian yang terkena air segera di keringkan menggunakan lap kering. Namun, ketika anda mengelap bagian atau komponen yang terkena air lakukanlah secara hati-hati supaya tidak merusaknya. Pastikan air benar-benar kering sebelum anda menggunakannya kembali.
  • Jika anda ingin mengeringkan laptop dan battery anda, usahakan jangan sampai terkena matahari langsung. Jika anda ingin menjemurnya di tengah matahari langsung maka tutuplah terlebih dahulu battery atau laptop dengan kain lalu awasi oleh anda, jemurlah dalam waktu singkat supaya tidak malah merusaknya.
Jika cairan yang terkena ke laptop ialah cairan seperti teh, kopi, dan sebagainya. Maka, bersihkanlah segera laptop anda dengan menggunakan kuas atau bisa keadaanya parah maka anda harus membongkar laptop anda dan membersihkannya serta kemudian keringkan segera.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.