DAMPAK NEGATIF DARI MEROKO
r Hampir setiap hari kita temui orang yang sedang menghisap roko, entah itu di rumah, di jalanan, tempat umum di kantor dsb. Sebagian orang roko sudah menjadi kebutuhan yang sifatnya primer, dan biasanya mereka mengkonsumsi sehabis makan, di temani dengan kopi, atau sambil bersantai. Hal ini sudah menjadi kebiasan sebagian besar orang, karena terlalu seringnya menghisap roko, maka mereka telah menjadi pecandu. Nikotin yang menberikan rasa rileks dan santay, membuat sebagian orang menjadi kecanduan akan hal itu, sehingga mereka susah untuk melepaskan kebiasaan itu. Sebenarnya roko sangatlah merugikan bagi diri sendiri dan oang lain. Adapun dapak negatif dari mengkonsumsi roko tersebut adalah.
  1. Bisa menyebabkan kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.
Selogan ini sudak di tulis di belakang bungkus roko dengan jelas, agar memperingatkan kepada masyarakat akan dampak bahayanya meroko.
  1. Pemborosan
Setiap hari kita menghabiskan roko sebanyak beberapa batang atau bahkan beberapa bungkus, kalu kita fikirkan berapa banyak uang yang harus kita keluarkan untuk sebatang bahkan sebungkus roko, setiap kita ingin meroko alangkah baiknya jika uang itu kita tabung, agar lebih bermanfaa untuk simpanan masa depan kita.
  1. Gangguan polusi
Setiap roko yang kita hisap adalah kerugian bagi alam terutama bagi polusi. Itu berarti kita ikut serta dalam merusak bumi.Tanpa kita sadari, setiap asap yang di keluarkan dari sebatang roko, akan mengendap dan lama kelamaan akan merusak jaringan ozon dan atmosfer bumi, sehingga roko berperan serta dalam gejala global worming. Sedangkan bagi orang lain yang peroko pasif, sangatlah rentan terhadap asap roko. Karena yang pasif langsung menghirup asap roko dari hidung langsung ke paru-paru tanpa ada saringan seperti filter. Sehingga yang pasif akan lebih cepat terkena penyakit seperti sesak nafas, asma,  dan penyakit paru-paru lainnya, itu jika dekat dengan orang yang meroko Didikan dari orang tua sangatlah penting, karena banyak contohnya di luaran sana, karena kurangnya perhatian dan pergaulan yang bebas, sehingga kita banyak menemukan anak-anak yang masih di bawah umur mengkonsumsi roko, termasuk anak yang masih kecil.Disinilah pentingnya peran orang tua untuk membatasi pergaulan anak-anaknya agar tidak melakukan hal-hal yang tidak di inginkan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.