TIPS MENDIDIK SEORANG ANAK
dd Seorang anak yang masih di bawah umur biasanya melakukan hal-hal yang membuat kita merasa jengkel, tetapi kalau kita fikirkan, namanya juga anak-anak, kalau nakal namanya juga proses mengenal kehidupan, dan pola fikirnya masih di kendalikan oleh permainan. Didikan orang tua sangatlah penting untuk menjamin prilaku seorang anak, karena didikan pertama yang anak dapat adalah didikan dari lingkungan keluarga. Prilaku seorang anak itu tergantung dari sikap orangtua itu sendiri, karena dalam umur yang masih kecil itu, seorang anak masih belajar mencontoh prilaku yang di tunjukan orang di sekitarnya. Beberapa tips untuk mendidik seorang anak;
  1. Mencontohkan prilaku yang baik. karena dalam masa ini anak –anak sedang dalam mencontoh segala tingkah laku kita dan segala sesuatu yang kita ucapkan, kalau kita mengucapkan sesuatu yang kasar, maka si anak akan mencontohkannya, maka dari itu perlihatkan pada si anak prilaku kita yang baik-baik.
  2. Melarang yang salah.  Jika si anak berbuat yang salah, entah itu dari prilaku ataupun dari ucapan, maka kita harus melarangnya, jangan sampai di biarkan dan memberikan penjelasan agar si anak itu bisa mengerti.
  3. Batasi pergaulan. Selalu batasi dan awasi setiap pergaulan si anak, karena jika pergaulan itu kita bebaskan, kita tidak tahu apa si anak bergaul dengan baik, tidak melakukan hal-hal yang berbahaya ataupun malah berbuat yang salah.
  4. Didikan harus seimbang. Jangan kita terlalu baik ataupun keras dalam mengajari si anak, karena jika terlalu baik maka si anak akan melunjak sampai-sampai melawan, kalaupun terlalu keras maka kurang baik bagi mental si anak. Didikan harus seimbang agar si anak tidak berfikir kalau kita tidak memperhatikannya, dan juga kita bisa memberikan kasih sayang dan ketegasan dalam porsinya, agar si anak bisa disiplin.
  5. Berikan pendidikan agama, agar dari segi kerohaniannya bisa di isi dengan keagamaan.
ds Masa depan seorang anak ada di tangan kita, baik buruknya tingkah laku seorang anak tergantung bagaimana pendidikan yang di ajarkan dalam ruang lingkup keluarga, sebelum nanti waktunya dia terjun ke masyarakat. Jadikanlah anak kita sebagai generasi penerus bangsa yang bisa mengubah Negara ini menjadi lebih baik.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.