Perkembangan Bayi 4 Bulan Bisa Apa dan Stimulasi yang Tepat

Memantau perkembangan bayi merupakan kewajiban orang tua. Pasalnya dengan melakukan pemantauan, Anda bisa mengetahui apakah perkembangan mereka normal atau lambat. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengetahui bayi 4 bulan bisa apa. Setelah itu, Anda bisa memberikan stimulasi yang tepat. Simak artikel ini untuk penjelasan lengkapnya!

Bayi 4 Bulan Bisa Apa?

Bayi yang memasuki usia 4 bulan bisa melakukan banyak hal. Dari segi kemampuan bicara, umumnya bayi sudah bisa babbling atau mengoceh. Banyak kalimat yang muncul dari mulutnya seperti dadada, mamama, dan lain sebagainya.

Di samping itu, bayi juga mulai peka terhadap lingkungannya. Mereka mudah terdistraksi oleh bunyi-bunyi di sekitarnya. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh bayi 4 bulan lainnya seperti eksplorasi, tertawa, melihat warna, dan lain sebagainya.

Stimulasi yang Bisa Anda Berikan

Agar tumbuh kembang anak optimal, Anda perlu memberikan stimulasi yang tepat. Berikut beberapa stimulasi perkembangan anak usia 4 bulan:

  • Melatih duduk

Bayi umumnya dapat duduk di usia 6 bulan. Meskipun begitu, Anda bisa mulai melatihnya secara bertahap di usia 4 bulan. Pasalnya di usia tersebut otot leher dan kepala bayi sudah semakin kuat. Tahan bokong bayi dengan tangan agar Si Kecil seimbang.

  • Menggenggam benda

Bayi sebenarnya sudah bisa memegang sebelum 4 bulan. Namun pada usia tersebut, bayi umumnya dapat menggenggam benda dengan lebih kuat dan erat. Latih Si Kecil menggenggam dengan meletakkan mainan berwarna cerah. Si Kecil akan tertarik untuk memegang, lalu menggenggamnya.

  • Cilukba

Main cilukba adalah stimulasi untuk meningkatkan kemampuan penglihatan bayi. Selain itu, permainan ini juga mengajarkan Si Kecil bahwa objek tetap ada meskipun tak terlihat.

  • Mencari sumber suara

Stimulasi terakhir yang bisa Anda terapkan adalah mencari sumber suara. Kemampuan pendengarannya akan meningkat dengan stimulasi ini. Minta kakak atau ayah untuk memanggil Si Kecil di tempat yang tidak terlihat. Si Kecil nantinya akan berusaha mencari sumber suara. 

Nah, itu dia pembahasan mengenai perkembangan bayi 4 bulan bisa apa beserta stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang mereka. Karena popok menjadi perlengkapan bayi yang sangat penting, pastikan Anda memilih popok yang tepat. MAKUKU SAP Diapers Pro Care sangat cocok untuk Si Kecil karena lembut, anti ruam, dan anti gumpal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *