Standar yang Harus Dimiliki Toko Berlian Berkualitas
Minat wanita terhadap perhiasan berlian yang semakin tinggi membuat banyak toko berlian bermunculan. Toko tersebut hadir secara online maupun offline untuk memenuhi segala kebutuhan Anda. Namun perlu Anda ingat bahwa tidak semua toko berlian memiliki kualitas yang bagus. Anda harus mengetahui standar toko berlian berkualitas untuk mendapatkan berlian yang cantik serta berkualitas. Standar utama toko berlian dikatakan berkualitas yaitu memberikan sertifikat keaslian. Sertifikat yang paling sering dipilih toko berlian Indonesia adalah GIA (Gemological Institute of America). Berikut ini pembahasan mengenai sertifikatnya: Mengenal Berlian GIA GIA atau Gemological Institute of America merupakan lembaga atau laboratorium yang melakukan penelitian tentang berlian dan batu permata lain. Mereka juga mengeluarkan sertifikat berlian yang diakui di seluruh dunia. Sebagai lembaga paling populer, hasil penelitian GIA digunakan dan dipercaya. Bahkan standar GIA dipakai sebagai standar penilaian berlian yang paling umum. Lembaga satu ini menilai kualitas berlian berdasarkan kualitas 4C yaitu color, carat, cut, dan clarity. Laporan berisi kualitas berlian dikenal dengan nama GIA Diamond Grading Report. Penilaian dilakukan benar-benar objektif sehingga bisa digunakan untuk menentukan harga perhiasan berlian. Semua Berlian Asli Memiliki Sertifikat GIA? Anda mungkin bertanya-tanya apakah semua perhiasan berlian asli memiliki sertifikat GIA? Jawabannya adalah tidak. Ada lembaga lain yang juga bertugas meneliti dan menilai perhiasan berlian seperti IGI, AGS, EGL, dan lain-lain. Lembaga-lembaga tersebut sama-sama terpercaya.Selain itu, ada juga perhiasan berlian asli yang tidak memiliki sertifikat sama sekali. Namun selalu usahakan membeli perhiasan berlian yang bersertifikat untuk menjamin keasliannya. 
 toko berlian berkualitas
toko berlian berkualitas
Ketika mendapatkan sertifikat GIA pun Anda harus melakukan verifikasi apakah sertifikat tersebut asli atau tidak. Keaslian sertifikat GIA bisa dicek di website resmi GIA. Masukkan nomor sertifikat atau kode verifikasi ke dalam menu yang sudah disediakan. Kode yang valid menjadi tanda bahwa sertifikatnya asli. Kegunaan Sertifikat GIA Ada beberapa alasan mengapa toko berlian berkualitas sudah seharusnya menawarkan sertifikat GIA, berikut di antaranya:
  • Jaminan keaslian
Minat pasar yang tinggi terhadap perhiasan berlian dan harganya yang mahal membuat perhiasan ini sering dipalsukan. Adanya sertifikat GIA menjadi jaminan bahwa perhiasan yang Anda beli asli.
  • Bertaraf internasional
GIA merupakan lembaga yang berasal dari Amerika Serikat. Oleh sebab itu, lembaga ini bertaraf internasional dan diakui di seluruh dunia. Memiliki perhiasan sertifikat GIA membuat perhiasan Anda juga diterima di seluruh dunia.
  • Cek kualitas dengan mudah
Telah disebutkan sebelumnya bahwa kualitas berlian ditentukan oleh faktor 4C. Anda tidak perlu mengeceknya lagi sendiri. Pasalnya kualitas 4C tersebut sudah tercantum pada sertifikat. Anda tinggal melihatnya saja.
  • Menambah nilai perhiasan
Kegunaan sertifikat berlian yang terakhir yaitu menambah nilai perhiasan. Jika dijual lagi, perhiasan Anda tetap akan bernilai tinggi. Pasalnya orang yang akan membeli percaya bahwa perhiasan tersebut asli. Rekomendasi Toko Berlian dengan Sertifikat GIA Tidak semua toko berlian di Indonesia menawarkan sertifikat GIA. Jika mencari toko yang berkualitas dengan memberikan sertifikat GIA, Mondial Jeweler adalah pilihannya. Toko yang sudah berdiri sejak tahun 1979 ini berada di bawah PT Central Mega Kencana yang populer di kalangan pecinta perhiasan berlian. Ada banyak sekali koleksi perhiasan dari Mondial Jeweler yang pastinya memiliki sertifikat GIA. Sudah paham bukan bagaimana standar memilih toko berlian berkualitas? Adanya sertifikat memang sangat penting agar Anda tidak perlu susah-susah melihat kualitas dan keasliannya. Lihat koleksi perhiasan Mondial Jeweler melalui website atau akun media sosial. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *