Fungsi dan Peran Yayasan Pemberi Bantuan Sosial
Pemerintah merupakan pemangku kebijakan yang memberikan kesempatan secara terbuka bagi masyarakat yang ingin mengakses bantuan sosial. Sebut saja salah satunya berupa lembaga yayasan pemberi bantuan sosial yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Yayasan penyalur bantuan sosial merupakan salah satu lembaga yang diberikan amanat melalui mekanisme yang sudah ditentukan untuk memanfaatkan akses bantuan sosial tersebut. Meski begitu, tidak semua yayasan bisa memanfaatkannya karena harus memenuhi sejumlah persyaratan tertentu.

Pentingnya Syarat-Syarat Pendirian Yayasan

Pemerintah hanya akan memberikan akses bantuan sosial kepada lembaga yang kredibel. Lembaga tersebut harus berdiri secara mandiri agar bisa melengkapi syarat lainnya agar memenuhi kebutuhan akan persyaratan pengajuan bantuan sosial kepada pemerintah. Selain lembaga berbentuk yayasan, pemerintah juga memberikan akses bantuan sosial kepada lembaga lainnya, seperti swadaya masyarakat dan kelompok masyarakat.  Masing-masing lembaga terkait harus memenuhi persyaratan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis lembaganya.

Apa Itu Yayasan Pemberi Bantuan Sosial?

Yayasan yang sudah berdiri untuk memberikan bansos atau bantuan sosial yaitu merupakan bentuk lembaga yang bisa mengajukan dan menerima bantuan sosial. Yayasan dibentuk oleh sekelompok masyarakat yang punya visi dan misi sama. Yayasan juga merupakan induk dari lembaga lain yang juga bisa mengajukan persyaratan bantuan sosial dari pemerintah. Lembaga ini juga biasanya digunakan oleh para pendiri lembaga-lembaga pendidikan, keagamaan hingga sosial. Praktik yayasan ini bisa secara mandiri mengajukan permohonan untuk mengajukan bansos kepada pemerintah.

Jenis Bantuan Yayasan Pemberi Bansos

Bentuk bantuan yang disalurkan tergolong berbeda-beda. Berikut ini kami jelaskan apa saja jenis-jenis bantuan yang biasanya diajukan oleh yayasan tersebut di antaranya seperti.
  1. Membangun Sarana Gedung Perkantoran
Yayasan bisa mengajukan bantuan untuk membuat sebuah sarana gedung perkantoran yang digunakan untuk aktivitas kelembagaan. Adapun gedung perkantorannya meliputi berbagai aspek kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat seperti pendidikan.
  1. Membangun Ruang Kelas
Selain untuk perkantoran, dana bantuan juga bisa untuk pembangunan ruang kelas untuk lembaga pendidikan yang ada di seluruh Indonesia.
  1. Bantuan Membangun Ruang Peribadatan
Bantuan ini bisa diterima untuk yayasan yang ingin membangun ruang peribadatan untuk setiap agama resmi yang ada di Indonesia. Selain itu juga bisa digunakan untuk ruang pertemuan hingga ruang kegiatan yang berkaitan dengan proses keagamaan.
  1. Membangun Gedung Rehabilitasi
Pembangunan berikutnya ini yaitu untuk membangun sebuah gedung bagi rehabilitasi sosial untuk para penyandang masalah kesejahteraan sosial.
  1. Pengadaan Sarana dan Prasarana
Bantuan ini biasanya meliputi pengadaan sarana dan juga prasarana seperti komputer, laboratorium dan sejenisnya. Biasanya masih berkaitan dengan pendidikan.
  1. Pengadaan Transportasi Yayasan
Setiap yayasan yang sudah resmi dan memenuhi persyaratan juga bisa mengajukan bantuan untuk sarana transportasi. Contohnya seperti mobil maupun motor untuk aktivitas yayasan terkait.

Contoh Yaysan Pemberi Bansos

Yayasan yang memberikan bantuan sosial tergolong sangat minim dibandingkan dengan yayasan di bidang yang lainnya. Begitu juga dengan yayasan pemberi dana hibah perorangan, pinjaman luar negeri untuk pribadi, donatur dan sejenisnya. Berikut adalah beberapa contoh jenis yayasan yang memberikan bansos kepada masyarakat bagi yang ingin mengenalnya lebih dekat.
  1. Yayasan Modal Usaha
Sesuai dengan namanya, yayasan ini khusus menyalurkan bantuan untuk warga berupa bantuan modal usaha. Masyarakat bisa berkesempatan untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah lewat yayasan ini. Penyaluran modal akan dilakukan kepada yayasan dan oleh yayasan diteruskan pada masyarakat yang membutuhkan.
  1. Yayasan Bantuan Kesehatan
Program yang dilakukan oleh yayasan ini yaitu berupa kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan.  Programnya meliputi bantuan lainnya seperti pada masa covid-19 melanda tanah air. Beberapa bantuan lainnya yaitu seperti pemberian obat-obatan, masker hingga paket sembako untuk masyarakat yang terdampak corona dan harus menerapkan program PPKM termasuk vaksinasi.
  1. Yayasan Penyaluran Kebutuhan Pangan
Program yayasan yang ketiga ini merupakan program penyaluran yang fokus pada pemberian bantuan keperluan pangan. Contohnya seperti sembako kepada masyarakat yang membutuhkan atau masyarakat miskin.
  1. Yayasan Pemberi Bantuan Pendidikan
Beasiswa adalah salah satu bantuan yang berkaitan dengan bantuan sosial yang berkaitan dengan pendidikan. Umumnya bantuan ini akan diberikan kepada anak-anak dari keluarga pra sejahtera yang kemudian diteruskan langsung ke sekolah tempat dia belajar.
  1. Yayasan Bakti Sosial
Aktivitas yayasan ini berkaitan dengan aktivitas bakti sosial. Salah satu contohnya seperti di bidang bantuan dana UMKM untuk para pelaku usaha mikro yang membutuhkan suntikan dana agar dapat dengan mudah mengembangkan usahanya.

Bagaimana Yayasan Mendapatkan Dana Bantuan?

Yayasan memiliki beberapa cara yang berbeda-beda dalam mendapatkan bantuan dari pemerintah. Beberapa di antaranya ada yang berbentuk dana hibah atau yang dikenal dengan istilah bantuan dana gratis. Yayasan yang mendapatkan dana hibah hanya perlu membuat laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana terkait. Adapun cara mendapatkan dana tersebut di antaranya seperti:
  1. Pinjaman Uang
Jenis pinjaman yang diterima ini merupakan pinjaman tanpa KTP yang tergolong mudah sekali untuk diajukan. Setelah yayasan menerimanya, maka disalurkan langsung kepada masyarakat yang berhak menerimanya.
  1. Uang atau Jasa
Bantuan tidak hanya berupa uang, tapi juga berupa jasa. Pemerintah akan berkontribusi terkait berbagai kegiatan suatu yayasan. Pengajuan biasanya berupa proposal yang diajukan kepada pemerintah.
  1. Pengadaan Alat Transportasi
Yayasan membutuhkan sebuah alat transportasi untuk melakukan kegiatannya. Contohnya seperti penyaluran dana ke masyarakat. Itulah kenapa, pengajuan alat transportasi melalui yayasan juga menjadi salah satu bantuan dari pemerintah untuk mempermudah aktivitas yayasan terkait.

Fungsi Yayasan Bansos untuk Masyarakat

Terhitung semenjak Covid-19 melanda, hingga saat ini pemerintah telah menyalurkan banyak sekali bantuan ke masyarakat yang membutuhkan. Adapun jenis-jenisnya cukup beragam mulai dari bantuan dana tunai, Kartu Prakerja berupa pelatihan skill, hingga bantuan berupa sembako untuk masyarakat yang tidak mampu. Fungsinya sendiri yaitu membantu menyalurkan bantuan kepada masyarakat. Adapun jenis-jenisnya sendiri berbeda-beda tergantung dari lembaga yang bersangkutan. Yayasan yang bisa mengakses bantuan sosial dari pemerintah akan menjadi petugas yang membantu memberikan penyaluran bantuan agar tepat sasaran.

Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan Bantuan Sosial?

Kategori umum yang mendasar bagi masyarakat yang berhak untuk mendapatkan bantuan yaitu adalah masyarakat yang berada dalam garis kemiskinan atau kurang mampu. Contohnya seperti lansia. Selain lansia, juga ada beberapa kategori kalangan yang berhak untuk mendapatkannya. Untuk mengecek kepada siapa bantuan tersebut, Anda bisa langsung menggunakan Cek Aplikasi Bansos di Play Store dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Dari aplikasi tersebut, Anda juga bisa mengetahui apakah nama Anda terdaftar sebagai orang yang berhak menerima bantuan atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mengecek orang terdekat, keluarga hingga masyarakat lainnya melalui aplikasi tersebut hanya dengan menggunakan KTP. Itulah beberapa informasi terkait apa itu yayasan pemberi bantuan sosial, kriteria dan juga fungsinya bagi masyarakat luas. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.