Tips Memilih Cincin Nikah Berlian dengan Tepat

Dalam sebuah pernikahan, kehadiran cincin tentu memiliki peran penting yaitu salah satunya sebagai simbol sekaligus pengikat antara pria dan wanita. Dengan demikian, maka tak heran jika banyak calon pengantin selalu ekstra hati-hati dalam memilih cincin yang akan mereka kenakan seumur hidup tersebut. dari banyaknya model dan jenis cincin, cincin nikah berlian merupakan salah satu yang paling banyak dipilih dengan berbagai macam alasannya tersendiri.

Salah satu dari banyaknya alasan pemilihan cincin berlian ini karena berlian merupakan jenis batuan yang kuat sehingga bisa menjadi lambang dari keabadian dan mengandung harapan bahwa cinta dua insan yang menikah juga akan abadi seperti berlian.

Namun saat memilih cincin nikah berlian, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan agar hasil yang didapat bisa maksimal. Berikut kami hadirkan beberapa tips dalam memilih cincin berlian yang tepat untuk hari pernikahan Anda dan pasangan.

cincin nikah berlian
  • Hitung anggaran yang dimiliki terlebih dahulu

Sebelum melangkah ke tahap yang lebih jauh, langkah awal yang sangat penting untuk Anda lakukan adalah menghitung berapa anggaran yang dimiliki untuk membeli cincin. 

Satu yang perlu digaris bawahi, kebutuhan untuk prosesi pernikahan bukan hanya cincin saja. Oleh sebab itu, pastikan Anda dan pasangan memperhitungkan ini dengan sebaik mungkin,  ya!

  • Beli cincin sejak jauh-jauh hari

Karena pernikahan merupakan sebuah momen penting dan sangat bersejarah dalam hidup seseorang, maka sebaiknya pembeliannya tidak dilakukan secara terburu-buru. Anda sebaiknya mempersiapkan cincin beberapa bulan sebelum menikah. 

Hal tersebut dikarenakan agar Anda dan pasangan bisa memiliki lebih banyak waktu untuk memilih model cincin dan menyesuaikan harganya dengan anggaran yang dimiliki. Dengan kata lain, semakin teliti dalam memilih, maka semakin maksimal pula hasil yang bisa didapatkan.

  • Pemilihan bentuk yang sesuai

Agar cincin nikah berlian Anda nyaman saat digunakan, selain menentukan ukuran Anda harus memilih bentuk yang sesuai dengan karakter. Dari berbagai jenis bentuk berlian pada cincin, potongan berlian yang paling umum dan banyak dipilih untuk cincin nikah adalah round cut

Namun jika Anda memiliki karakter yang ingin tampil beda, pear diamond cut dan marquise diamond cut yang terlihat sangat feminim bisa menjadi pilihannya. Sedangkan untuk mempelai pria, potongan berlian pada cincin nya juga harus disesuaikan dengan bentuk yang lebih maskulin.

  • Perhatikan tingkat kejernihan berlian

Perlu diketahui, harga dan kualitas berlian sangat dipengaruhi oleh kilau dan kejernihan berlian. Oleh karena itu, sebelum membeli ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang tingkat kilau dan kecerahan berlian. Satu yang pasti, semakin jernih sebuah berlian, maka semakin indah pula kilaunya. 

Tak hanya itu, warna berlian juga bisa dipilih sesuai selera Anda. Beberapa warna yang bisa dipilih yaitu mulai dari colorless, faint yellow, very light yellow, hingga light yellow

Berbeda dengan warna yang bisa dengan mudah dilihat melalui mata telanjang, untuk menilai tingkat kejernihan berlian harus menggunakan kaca pembesar. Jadi, pastikan Anda lebih teliti saat menilai dan memilih berlian berdasarkan tingkat kejernihannya, ya!

  • Beli cincin berlian hanya di toko perhiasan profesional

Mengingat cincin berlian memiliki nilai harga yang tidak murah, maka jangan sampai Anda membeli berlian di tempat yang salah, ya! Pastikan Anda membeli cincin tersebut di toko perhiasan profesional dan terpercaya. Selain keamanannya terjamin, Anda juga bisa lebih leluasa dalam menentukan pilihan karena biasanya toko perhiasan profesional menyediakan cincin dengan berbagai model, bentuk dan tentu harga yang bisa Anda sesuaikan

Itulah dia beberapa tips dalam memilih cincin nikah berlian dengan tepat. Untuk urusan toko pembelian, Mondial Jeweler adalah jawabannya. Toko perhiasan profesional ini menyediakan berbagai jenis perhiasan dengan kualitas dan keaslian yang terjamin.

Untuk informasi dan pemesanan, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi Mondial Jeweler yakni https://mondialjeweler.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *