Cara Merawat Hewan Peliharaan yang Baik dan Benar

Merawat hewan peliharaan menjadi hobi atau kegemaran beberapa orang. Pasalnya hewan peliharaan menjadi salah satu pengobat stres dan kelelahan akibat aktivitas yang padat. Anda perlu mengetahui cara merawat hewan peliharaan yang baik dan benar agar hidupnya lama. Berikut ini adalah caranya yang bisa Anda ikuti:

 

Pembuatan dan Penempatan Kandang

Kandang hewan peliharaan yang baik adalah yang jauh dari keramaian dan kebisingan. Pasalnya setiap hewan peliharaan memiliki sensitifitasnya sendiri-sendiri. Contohnya kelinci mudah mengalami stres apabila berada di tengah kebisingan. Material kandang bisa menggunakan bahan alami seperti kayu. Hewan lebih suka dengan bahan-bahan alami seperti itu daripada bahan buatan. Jangan lupa membuat kandang yang teduh untuk melindungi hewan dari sinar matahari.

cara merawat hewan peliharaan yang baik

 

Makan dan Minum

Hal selanjutnya yang harus dilakukan saat merawat hewan peliharaan adalah memperhatikan makan dan minumnya. Untuk menjaga berat badan ideal hewan yang Anda pelihara, perhatikan makanannya dengan baik. Pastikan makanan yang Anda berikan mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan hewan peliharaan. Berikan secara teratur, namun tidak terlalu sering untuk menjaga berat badan.

 

Perawatan Khusus

Perawatan khusus juga diperlukan untuk menjaga kondisi hewan peliharaan tetap baik. Contohnya yaitu perawatan bulu dan kuku, apabila hewan peliharaan Anda memiliki bulu. Kucing perlu dipotong bulunya paling tidak 4 bulan sekali. Tujuannya agar tubuh bulu baru yang lebih sehat dan bersih. Sedangkan kelinci harus dipotong kukunya secara rutin untuk menjaga kesehatannya.

 

Kasih Sayang

Terakhir yaitu memberikan kasih sayang agar hewan peliharaan Anda bahagia. Hewan peliharaan yang bahagia dan tidak stres memiliki harapan hidup yang lebih tinggi. Berikan kasih sayang contohnya dengan mengelus hewan peliharaan, mengajak bermain, memberikan mainan, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Itulah cara merawat hewan peliharaan yang baik dan benar untuk Anda yang ingin memiliki hewan peliharaan. Rekomendasi merk makanan hewan khususnya anjing dan kucing adalah Royal Canin. Brand satu ini memiliki variasi makanan yang sangat beragam. Lihat detail varian makanan hewan yang ditawarkan melalui www.royalcanin.com

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.