Menunjang Perkembangan Psikologi Pada Anak Masa Prasekolah

Perkembangan Psikologi Pada Anak Masa Prasekolah

Pada masa prasekolah, anak memang membutuhkan perhatian yang lebih karena nantinya akan digunakan untuk mengeksplor kemampuannya, baik fisik maupun psikologinya. Perkembangan psikologi pada anak masa prasekolah sendiri sangat berhubungan dengan permainan dan juga orang lain. Dengan bermain dan mengenal orang lain, maka anak tersebut akan terlatih secara sendirinya untuk bisa mandiri dan juga berpikir secara rasional, meskipun masih belajar, namun tetap saja masa ini merupakan masa di mana anak selalu ingin tahu.

  • Menunjang Psikologi Anak Dengan Permainan

Untuk menunjang perkembangan psikologi pada anak masa prasekolah bisa dengan permainan. Permainan nantinya akan membantu perkembangan kognitifnya karena dengan bermain, maka anak tersebut bisa menjelajah lingkungan, kemudian beberapa objek yang ada di sekitarnya serta belajar untuk memecahkan masalah yang mana dihadapinya. Permainan juga bisa membantu perkembangan sosial dari anak tersebut, terlebih lagi permainan fantasi dengan cara memerankan suatu peran, dengan cara tersebut, nantinya anak akan belajar untuk memahami orang lain dan juga beberapa peran yang mana ia mainkan di kemudian hari setelah nantinya tumbuh menjadi orang dewasa. Fungsi permainan untuk perkembangan emosi sendiri bisa dengan bermain yang mana memungkinkan anak tersebut untuk bisa memecahkan suatu masalah emosional, kemudian belajar mengatasi kegelisahannya dan juga konflik batinnya. Permainan nantinya juga akan membantu anak untuk bisa melepaskan energy fisik yang berlebihan dan juga membebaskan beberapa perasaannya yang terpendam. Selain itu perkembangan bahasa yang cepat nantinya berguna untuk hasil perkembangan simbolisasi pada anak, karena di masa ini nantinya anak sudah mengenal beberapa nama dan juga beberapa simbol, selain itu penggunaan dan penguasaan kosa kata juga akan lebih banyak, sehingga anak tersebut sudah bisa membaca.

  • Menunjang Psikologi Anak Dengan Asupan Makanan

Selain menunjang perkembangan psikologi pada anak masa prasekolah dengan permainan, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, perlu juga ditunjang dengan asupan makanan yang tepat, contohnya saja seperti buah dan juga sayur, kedua makanan tersebut memiliki kandungan dan nutrisi yang sangat baik untuk menunjang psikologi dan fisik anak. Selain itu bisa juga memberinya tambahan seperti susu karena dengan makanan 4 sehat 5 sempurna tentu saja asupan makanannya lebih lengkap dan tercukupi. Salah satu produk susu yang dapat menunjang perkembangan psikologi anak prasekolah sendiri adalah dari Wyeth karena memiliki kandungan yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.