Cara Mengatasi Puting Yang Lecet Karena Menyusui Bayi

Mengatasi Puting Yang Lecet

Dibalik kebahagiaan ibu dapat memberikan nutrisi terbaik pada bayi berupa ASI secara eksklusif, ada sebuah masalah yang cukup sering dijumpai oleh ibu menyusui. Apa itu ? Masalah tersebut ialah puting yang mengalami lecet. Lantas, jangan sampai hal ini membuat ibu menyerah dan justru memilih untuk berhenti menyusui si kecil. Ada beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk mengobati puting lecet. Bagaimanapun juga si kecil memerlukan asupan nutrisi, dan ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk si kecil. Apalagi di 6 bulan awal kelahirannya. Penyebab puting lecet sendiri bisa bermacam-macam. Bisa karena posisi menyusui yang kurang benar, bisa juga karena tekanan puting ketika menyusui si kecil mulutnya menempel pada posisi yang kurang baik.

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh ibu untuk mengobati puting lecet adalah terlebih dahulu kenali penyebabnya. Setelah itu ibu bisa melakukan beberapa cara berikut ini :

  1. Minimalisir atau bahkan hindari membuat kulit area puting kering seperti penggunaan sabun yang hanya bisa membuat kulit kering dan penyembuhan puting lecet semakin terhambat.
  2. Pakailah bra katun supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik
  3. Untuk selalu menjaga kebersihan area puting, gantilah bantalan payudara setiap setelah menyusui si kecil
  4. Setiap seleseai menyusui si kecil, peras sedikit ASI dan kemudian gosokkan pada sekitar puting yang lecet secara lembut
  5. Biarkan puting benar-benar kering sebelum berpakaian atau gunakan pakaian yang sangat longgar
  6. Jika puting nampak retak ataupun sampai berdarah, pakailah salep sedikit hanya di bagian kulit yang terlihat retak untuk menghindari terjadinya kondisi yang lebih parah
  7. Apabila memang keadaan puting maupun area sekitar puting begitu parah hingga membuat ibu betul-betul tidak nyaman, maka langkah terbaik untuk mengobati puting lecet saat menyusui adalah konsultasikan segera dengan dokter agar ibu segera mendapatkan penanganan medis dan ibu bisa menyusui bayi mungil ibu dengan nyaman.

Jaga selalu produksi ASI ibu agar selalu lancar dan berkualitas. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi makanan bergizi seimbang yang bisa melancarkan ASI dan bisa juga dilengkapi dengan minum susu khusus ibu menyusui seperti Lactamil Lactasis yang punya berbagai macam zat gizi penting untuk menjaga produksi ASI yang berkualitas di masa ibu menyusui.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.