Periksakan Segera Diri Anda ke Dokter Jika Salah Satu Gejala Diabetes Ini terjadi pada Tubuh Anda

Kesehatan merupakan sebuah nikmat yang tidak ternilai harganya. Biasanya orang akan mengerti pentingnya kesehatan saat terserang penyakit. Namun, bukan berarti setiap orang harus terserang penyakit dulu baru bisa mengerti akan pentingnya kesehatan. Justru sebaliknya, sebelum terserang penyakit-penyakit berbahaya, kita harus mengenal penyakit-penyakit tersebut mulai dari ciri-cirinya hingga gejala-gejala penyakit tersebut.

Dengan begitu, saat gejalanya muncul kita bisa mengantisipasinya sedini mungkin dengan memeriksakan diri kita ke dokter. Ada banyak penyakit berbahaya yang bisa membuat sisa hidup kita terasa begitu tidak nyaman bahkan lebih parah, yaitu menyebabkan kematian, seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu penyakit yang cukup berbahaya, yaitu diabetes, khususnya tentang mengenal gejala diabetes agar kita bisa mengantisipasinya saat gejala tersebut muncul di tubuh kita.

Diabetes merupakan sebuah penyakit jangka panjang yang sering ditandai dengan naiknya kadar gula darah. Kenaikan kadar gula darah ini terjadi begitu tinggi. Sel di tubuh manusia memerlukan energi dari gula agar dapat berfungsi secara normal. Biasanya yang mengendalikan gula dalam darah ialah hormon insulin. Apabila tubuh kekurangan insulin atau muncul resistansi pada insulin, kadar glukosa di dalam darah bisa meningkat dengan drastis, inilah yang menjadi penyebab penyakit kencing manis. Agar bisa dilakukan penanganan yang maksimal, Anda harus mengetahui apa saja gejala untuk penyakit diabetes ini. Gejala penyakit ini sangat bervariasi, ada diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Untuk diabetes tipe 2 gejalanya seperti sering buang air kecil. Buang air kecil ini intensitasnya akan lebih besar saat malam hari. Kedua, sering merasa haus dan kelelahan. Sering merasa kelelahan padahal Anda tidak melakukan aktifitas berat. Ketiga, mulai berkurangnya masa otot dan penurunan berat badan dengan drastis. Anda harus mengkonsultasikan dengan dokter apabila Anda merasakan gejala di atas sehingga penanganan dan pendeteksian dini bisa dilakukan. Kadar gula di dalam darah dikendalikan oleh insulin, yang diproduksi pankreas. Organ ini berada di belakang lambung. Insulin memiliki fungsi untuk memindahkan zat gula dari darah ke sel tubuh dan kemudian mengubahnya menjadi sebuah energi. Namun organ pankreas di tubuh penderita diabetes tidak memproduksi cukup insulin agar bisa menjaga keseimbangan gula darah. Jika diabetes diabaikan, nantinya akan terjadi komplikasi. Komplikasi yang terjadi ini seperti kerusakan di pembuluh darah, organ tubuh dan saraf.

Diabetes itu sendiri sebenarnya penyakit yang disebabkan oleh menurunnya fungsi organ tubuh, bukan penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit yang biasa disebut sebagai penyakit gula atau penyakit kencing manis ini terjadi karena penurunan fungsi ginjal dan pankreas dalam mengkonversi glukosa dalam darah menjadi energi. Karena kemampuan ginjal untuk mengkonversi glukosa tersebut menurun, maka kandungan glukosa di dalam darah pun akan semakin bertumpuk seiring dengan banyaknya makanan yang mengandung gula atau glukosa yang kita konsumsi. Itu sebabnya mengapa penderita diabetes harus membatasi dan mengontrol kadar gula yang dikonsumsi tiap harinya. Itulah salah satu gejala bila anda menderita diabetes yang utama.

Di lain sisi, ginjal dan pankreas pun tetap dipaksa untuk mengkonversi glukosa tersebut sehingga ginjal menyerap kandungan air di dalam darah secara berlebihan sehingga mengakibatkan kekurangan cairan atau dehidrasi. Hal ini tentunya mengakibatkan penderita diabetes sering merasa haus dan lapar. Namun, karena apa yang dikonsumsi tidak dapat diurai dengan baik, tubuh penderita diabetes akan mengalami penurunan berat badan yang drastis walaupun banyak makanan yang dikonsumsi.

Selain itu penderita diabetes juga akan sering buang air kecil karena penyerapan air yang berlebihan di dalam darah mengakibatkan urin berkumpul di ureter. Gejala ini juga biasanya disertai oleh tingginya tekanan darah (hipertensi). Itulah beberapa tanda mengenal gejala diabetes yang mudah dikenali. Jika salah satu gejala tersebut terjadi pada tubuh anda, ada baiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter sebelum terlambat.

Setelah Anda mengetahui gejala untuk penyakiy diabetes, Anda juga harus mengetahui seperti apa saran untuk penderita diabetes ini. Jika Anda menderita diabetes tipe 2, lebih baik Anda menjaga kesehatan dengan cermat, agar nantinya proses pengobatan yang Anda jalani bisa lebih lancar. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat, selain itu batasi minuman keras. Anda juga dapat mengganti pengonsumsian gula tebu dengan gula yang lebih sehat seperti Tropicana.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.