Resep & Cara Masak Rendang Daging Spesial Khas Minang

Resep rendang termasuk makanan khas Indonesia yang sudah mendunia karena kelezatan citarasa-nya memang begitu spesial. Bahkan ada juga pendapat dari ahli kuliner Internasional yang menyebut rendang sebagai salah satu makanan terlezat dunia. Memang tidak terlalu berlebihan apabila rendang mendapat predikat makanan terlezat karena faktanya hampir semua masyarakat Indonesia tahu dengan masakan khas minang satu ini dan mengakui kelezatannya.

resep rendang daging

Nah meskipun rendang sudah banyak dibuat di setiap daerah Indonesia namun tetap saja resep rendang daging paling enak itu khas minang. Yuk silakan simak penjelasan mengenai cara pembuatan rendang daging yang asli resep turun temurun dari orang minang dibawah ini.

Cara Membuat Rendang Daging Paling Lezat Khas Minang

Pertama tama siapkan terlebih dahulu 1 kilogram daging sapi yang sebelumnya sudah dipipihkan dan dibalur dengan nanas halus selama beberapa waktu supaya empuk selain itu siapkan juga 4 lembar daun jeruk segar, 4 kembar daun kunyit, 2 batang serai segar yang sudah dimemarkan, 1 buah pekak, 4 sdm kelapa parut sangrai, 2000 ml santan kental dan 4 sdm minyak goreng.

Sedangkan untuk bahan bumbu halus rendang terdiri dari 10 butir bawang merah, cabai merah 150 gram, bawang putih 6 siung, 5 butir kemiri, cabe rawit secukupnya, 1 sdt ketumbar, Royco secukupnya, 2 cm kunyit memarkan, 4 cm jahe memarkan, ½ sdt jinten dan garam secukupnya.

Baca Juga: Tips Memilih Daging Rendang yang Baik

Sekarang masuk ketahap pembuatannya, silakan panaskan minyak goreng terlebih dahulu setelah itu tumis semua bumbu halus terlebih dahulu, daun kunyit, daun jeruk, serai dan lainnya hingga tercium aroma harum. Selanjutnya masukan daging kedalam wajan terus aduk hingga berubah warna, masukan santan dan tambahkan kelapa parut sangrai terus aduk hingga merata di atas api sedang. Tunggu hingga santan mengental berwarna coklat, daging sudah matang lunak dan mengeluarkan aroma sedap khas rendang.

Sebelum diangkat pastikan dulu rasa rendang-nya sudah benar benar pas dengan mencicipi-nya terlebih dahulu, apabila citarasa sudah pas dan lezat baru diangkat dan rendang sapi khas minang siap untuk disajikan bersama nasi dan lauk lainnya.

Demikianlah penjelasan resep rendang daging khas minang, semoga ulasan tadi dapat menambah wawasan anda terhadap kekayaan kuliner nusantara, selamat mencoba.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.