Adab Dalam Berpakaian
Islam adalah agama lengkap yang mengatur segala perbuatan manusia dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali, dari yang kecil sampai yang besar, dan dari sesama manusia sampai dengan makhluk Allah yang lain, semua ini bertujuan agar terciptanya kehidupan yang sesuai dengan fitrah manusia. Semua peraturan yang lengkap terhadap manusia telah diatur dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi Saw. Peraturan Islam juga ada dalam adab-adab berpakaian. Pakaian adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam Islam karena dengannya akan terlihat ketaatan dan kepatuhannya kepada Allah Swt. Adab dalam berpakaian ini telah ada dalam sunah-sunah Nabi Saw. Diantara adab-adab tersebut yaitu:
  1. Bagi seorang wanita tidak diperbolehkan memakai pakaian yang transparan, tidak menutup aurat dan pakaian yang menjiplak anggota tubuh. Pakaian bagi wanita diwajibkan dengan pakaian berjilbab hingga menutupi mata kaki dan memakai kerudung yang menutupi leher dan dadanya. Firman Allah Swt, “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al-Ahzab:59).
  2. Tidak diperbolehkan bagi seorang lelaki memakai pakaian perempuan dan demikian pula sebaliknya perempuan memakai pakaian lelaki. Dalam suatu sabdanya beliau Saw bersabda “Nabi Saw melaknat orang laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita-wanita yang menyerupai laki-laki”. (HR. Bukhari)
  3. Ketika memakai baju hendaklah mendahulukan memakai bagian sebelah kanan. Karena perbuatan baik itu disunahkan dengan bagian kanan terlebih dahulu. Sabda Rasulullah Saw, “Rasulullah saw menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam semua urusannya”. (HR. Bukhari).
  4. Bagi seorang lelaki tidak diperbolehkan memakai pakaian dari sutera dan emas, ini berdasarkan kepada hadits Nabi Saw dimana beliau mengambil kain sutera dan memegangnya dengan tangan kanannya sedangkan emas dengan tangan kirinya kemudian bersabda, “Sesungguhnya keduanya haram atas kaum lelaki dari umatku” (HR. Abu Dawud).
  5. Mengucapkan doa ketika berpakaian, doa yang diucapkan minimal dengan mengucapkan Bismillahirrahmaanirrahim. Hal ini karena setiap perbuatan bagi seorang muslim hendaklah dimulai dengan perkataan Bismillah.
Wallahu ‘Alam

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.