Objek Wisata di Turki dan Keindahannya

Objek Wisata di Turki dan Keindahannya - Sebagai negara yang ada diantara Benua Asia serta Eropa, Turki tersohor dengan kekayaan histori serta budayanya yang menggabungkan budaya barat serta timur. Di samping barat, Turki bersebelahan dengan Bulgaria serta Yunani, di Timur Laut dengan Armenia, Azerbaijan, serta Georgia, serta di Tenggaran dengan Syria, Irak, serta Iran.

Luas negara Turki 750. 000 km. persegi, atau sekitaran tiga kali luas Inggris. Sekurang-kurangnya ada 11 website yang disadari sebagai Warisan Dunia menurut UNESCO yang menyebar di negara ini. Satu diantara tempat wisata di Turki yang paling utama yaitu Blue Mosque berlokasi di Istanbul.

Blue Mosque Turki

Sore hari di taman yang ada persis di depan Blue Mosque yang megah.

Iklim Turki bergantung daerahnya semasing. Daerah pesisir serta Aegean condong beriklim beriklim Mediteranian, dengan kata lain moderat dengan suhu sekitar pada 23°-28°C pada muim panas yang sekitar pada Mei-Otober. Sesaat di ruang sekitaran Laut Marmara, termasuk juga Istanbul, iklimnya bertransisi dengan suhu lebih rendah, yaitu 20°-24°C pada bln. yang sama. Tidak sama juga dengankawasan Laut Hitam, yang dijaga oleh Pegunungan Kaukasus, yang condong dingin selama th., dengan suhu rata-rata cuma 10°-20°C. Sesaat lokasi Tenggara yang dekat perbatasan Syria ikuti iklim gurun dengan suhu diatas 40°C pada musim panas.

Sebelumnya pergi, beberapa pemegang paspor Indonesia bisa mengurusi Visa on Arrivel dengan cara on-line di evisa. gov. tr/en. Biayanya 25 USD, atau sekitaran Rp 275. 000 yang dibayar memakai kartu credit. Tinggal isi formulir, bayar, tunggulah e-mail konfirmasi, unduh, serta bikin, serta anda siap pergi!

Transportasi menuju Turki

Dari Indonesia, Turki dapat dimasuki lewat lima kota, diantaranya Istanbul, Ankara, Adana, Izmir, serta Adiyaman.

Untuk penerbangan ke Istanbul, dapat memakai maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines dai Jakarta, Malyasia Airlines dari Denpasar, atau Etihad Airways dari Yogyakarta, Surabaya, serta Balikpapan.

Dari Jakarta, banyak maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Ankara, salah satunya Qatar Airways, Turkish Airlines, Emirates Airlines, Asiana Airlines, China Southern Airlines, serta Garuda Indonesia.

Kesibukan di Turki

Macam aktivitas yang dapat kita kerjakan waktu liburan ke Turki cukup bermacam. Dari mulai yang berbau petualangan yang meningkatkan adrenalin, wisata histori serta budaya, bersantai serta santai, kehidupan malam, sampai memanjakan lidah serta perut.

Pengagum histori bisa menyambangi kota-kota antik yang terdapat banyak di Turki, salah satunya Anavarza Antique City di Adana, Alacahoyuk di Corum, Reruntuhan Arsameia di Adiyaman, Xanthos – Letoon di Antalya, serta ada banyak lagi. Anda dapat juga nikmati pertunjukan di bekas reruntuhan Teater di Website Arkeologi Ephesus.

Turki sama dengan adanya banyak hal. Satu diantaranya adalah atraksi balon hawa yang dapat di nikmati di kota Cappadocia. Dari ketinggian, kita dapat melihat keindahan bentang kota yang popular dengan kontur bebatuan serta kota bawah tanahnya.

Hal-hal lain yang juga jadi daya tarik khas negara ini adalah ritual sema atau yang dikenal juga dengan Tarian Sufi (Whirling Dervishes) yang dipersembahkan untuk kembali kenang penyair serta tokoh pendidikan Jalaluddin Rumi. Tarian berputar indah serta sarat nuansa spiritual ini dapat kita saksikan di kota Konya.

Obyek wisata di Turki

Blue Mosque (Sultan Ahmed Mosque)

Masjid yang berlokasi di Istanbul ini adalah satu diantara bangunan yang tersohor lantaran keindahan arsitektur Ottoman. Dari luar, kubah serta menara-menara menjulang megah ke angkasa. Kita akan nikmati keindahan interior Blue Mosque yang kembali mengundang decak mengagumi akan. Ubin-ubin biru menutupi semua permukaan dinding sisi dalam masjid, system pencahayaan yang berikan nuansa damatis, serta kaca patri yang lengkapi keindahan interiornya.

Jam buka : Sabtu-Kamis jam 09. 00 – 12. 15, 14. 00 – 16. 30, 17. 30 – 18. 30, serta Jumat jam 09. 00 – 11. 15, 14. 30 – 16. 30, 17. 30 – 18. 30

Kolam air panas Pamukkale serta Hierapolis

Dalam bhs Turki, “pamukkale” bermakna istana kapas. Tidak heran bila sejauh mata melihat, hamparan bagian putih mirip salju menutupi permukaan kolam air panas yang ada di kota Pamukkale ini. Nyatanya, bagian putih itu terbentuk dari kalsium yang mengeras. Disini pengunjung bebas berendam di kolam-kolam mata air panas yang berupa berundak atau terasering yang terwujud dengan cara alami. Airnya diakui dapat menyembuhkan penyakit asma, rematik, serta beragam penyakit mata serta kulit.

Kolam air panas Pamukkale yang berundak. (FOTO : goturkey. com)

Kolam air panas Pamukkale yang berundak. (FOTO : goturkey. com)

Terkecuali berendam, pengunjung dapat juga mengeksplorasi sampai ke sisi puncak. Dari atas, bagian putih pelan-pelan terlihat beralih tergantikan dengan panorama hamparan rumput serta bebatuan yang menghampar. Hierapolos memanglah tersohor dengan kolam renang kesehatannya, juga reruntuhan bangunan Romawi di basic kolam serta teater Romawi diatas bukit.

Jam buka : Sehari-hari, jam 08. 00 – 20. 00 (waktu musim dingin tutup jam 17. 00)

Harga ticket : 8 Lira

Museum Mevlana

Untuk warga Turki, Jalaluddin Rumi yaitu tokoh yang dihormati. Rumi hidup pada th. 1207 – 1273, serta oleh pengikutnya dikatakan sebagai seseorang mevlana. Dari situlah nama museum yang sekalian jadi komplek makam Rumi itu berasal.

Banyak status yang menempel pada diri Rumi, dari mulai penyair muslim, pemikir rohani, tokoh sufi, sampai guru selama hidup. Terkecuali ajaran serta filosofinya yang selalu memberikan inspirasi sampai sekarang ini, Rumi juga adalah tokoh dibalik penciptaan Whirling Dervhishes, ritual sema atau yang di kenal dengan tarian sufi.

Museum ini berlokasi di Konya, satu kota religius konservatif di Turki. Tempat makam Rumi ada dibawah kubah. Makamnya ditutupi kain yang terbuat dari emas serta dihasi oleh dekorasi-dekorasi yang juga terbuat dari emas. Terkecuali Rumi, komplek pemakaman ini dapat diisi makam-makam anggota keluarganya serta pemimpin agama (sheik) di Turki. Pengunjung diizinkan mengambil gambar didalam museum, tetapi dianjurkan tidak untuk memakai lampu kilat.

Jam buka : Sehari-hari, jam 09. 00 – 17. 30

Harga ticket : 5 Lira

Galata Mevlevihanesi

Banyak tempat yang menyuguhkan pertunjukan Tarian Sufi atau Whirling Dervish, tetapi Galata Mevlevihanesi atau Tekke yaitu yang pertama serta paling popular. Bangsal ini terdapat di Galipdede Caddesi, samping selatan Tünel Square, di ujung Istiklal Caddesi.

Tarian sufi yaitu tarian yang gerakannya didominasi oleh berputar diiringi dzikir. Tarian ini sesungguhnya tak diperuntukkan untuk menghibur, lantaran ini termasuk juga ritual beribadah tang menceritakan mengenai pendakian rohani manusia menuju kesempurnaan. Jalaluddin Rumi yaitu tokoh yang memberikan inspirasi terwujudnya tarian ini.

Reservasi ticket dapat dikerjakan dengan cara on-line disini.

Jam pertunjukan : Sehari-hari jam 19. 30 (Senin, Rabu, serta Jumat spesial untuk rombongan)

Harga ticket : Dewasa 50 Lira/23 Euro, Dibawah 21 th. 40 Lira/19 Euro

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.