Jenis Kecepatan Akses Provider Internet di Awal Perkembangannya

Jika di era sekarang kita mengenal adanya akses internet 3G, 4G hingga yang terbaru 4G LTE, maka jenis kecepatan untuk akses internet di awal mula perkembangannya bisa dibilang sangat sederhana dan terbatas. Tak hanya itu, kecepatan yang ditawarkan juga terbilang lambat. Hal ini terutama karena saluran yang digunakan pada awalnya belum secanggih sekarang, perkembangan teknologi juga belum terlalu maju serta provider internet di indonesia masih sangat terbatas. Pada awalnya, koneksi internet tersedia lewat jalur dial up atau PSTN. Era ini terjadi sebelum handphone datang dan dipakai oleh hampir semua kalangan. Akses internet dilakukan dengan menghubungkan kabel telepon ke komputer yang dipakai.

Kecepatan koneksi dial up ini sangat terbatas yaitu hanya sebesar 56 kbps. Wajar jika di era sekarang, koneksi dial up sudah banyak ditinggalkan karena menjamurnya Internet Service Provider lain yang menawarkan kecepatan lebih serta kepraktisan karena tidak perlu menggunakan kabel telepon. Setelah dial up, koneksi lain yang juga sempat populer dan hingga kini masih digunakan adalah ADSL atau Asymetric Digital Subscriber Line. Teknologi ini merupakan sebuah modem yang bekerja di frekuensi 34 kHz hingga 1104 kHz. Transfer data yang ditawarkan ADSL jelas jauh di atas koneksi dial up yang hanya bekerja di frekuensi 4 kHz. Keuntungan lain dari ADSL ialah kecepatannya yang tinggi dan tidak perlu menggunakan saluran telepon.

Bandwidth maksimum untuk ADSL akan berbeda-beda tergantung dari line rate yang digunakan. Minimal bandwidth adalah 337 kbps sementara maksimalnya mencapai 450 kbps. Di era sekarang, koneksi ADSL masih banyak digunakan karena kecepatannya tergolong tinggi. Namun, untuk pemakaian yang lebih sederhana seperti paket internet via smartphone, beberapa provider internet menyediakan berbagai macam paket khusus baik unlimited maupun berbasis kuota yang lebih bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Salah satu provider dengan layanan internet berkecepatan tinggi serta jangkauan luas adalah Ooredoo. Selain itu, Ooredoo juga menawarkan harga yang bersaing serta tentunya kualitas yang prima.

Anda penasaran ingin mencoba atau menjajal internetan dengan Indosat Ooredoo? Selamat mencobanya.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.