gejala penyakit diare dan pengobatannya

Penyakit diare sekarang ini banyak sekali diderita oleh orang-orang. Hal ini dapat terjadi karena penyakit ini dapat mudah sekali menyerang sistem pertahanan tubuh manusia, terutama pada balita. Mengapa dikatakan mudah? ini karena penyakit ini lebih mudah menyerang jika orang tersebut memiliki kebiasaan yang tidak sehat, serta tidak menerapkan hidup bersih. Penyakit ini dapat menyebabkan tinja menjadi encer, selain itu jika sudah dalam tahap yang cukup parah maka dapat menyebabkan dehidrasi yang cukup membahayakan nyawa penderitannya. Walaupun dapat membahayakan nyawa seseorang, akan tetapi tidak sedikit orang yang menganggap penyakit ini adalah penyakit yang cukup sepele. Hal ini dikarenakan penyakit ini dapat sembuh secara alami dengan jangka waktu 3 hingga 5 hari. Namun, hal itu berlaku bagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan atau daya tahan tubuh yang kuat, serta segera melakukan perubahan kebiasaan yang semula tidak sehat menjadi kebiasaan yang sehat. Oleh karena itu, setiap orang tidak boleh meremehkan penyakit ini dan harus mengetahui apa saja gejala penyakit diare dan bagaimana cara pengobatannya.

Dengan kita lebih cepat mengetahui gejala penyakit diare tentunya pengobatan akan lebih cepat untuk dilakukan sehingga penyakit ini tidak semakin parah. Oleh karena itu, berikut ini adalah gejala-gejala yang ditimbulkan karena penyakit tersebut.

  1. Sering buang air besar Dalam sehari biasanya orang yang sehat hanya akan buang air besar paling banyak 2 kali sehari, akan tetapi hal tersebut berbeda jika orang tersebut terserang diare. Ini karena, keseringan buang air besar para penderita diare bisa lebih dari 4 kali dalam sehari, bahkan ada yang mencapai 8 kali.
  1. Tinja menjadi encer Para penderita diare memiliki kondisi feses yang berbeda, yakni menjadi cukup lembek dan cenderung encer. Sedangkan, pada orang normal bentuk feses atau tinja padat dan tidak lembek.

Setelah anda mengetahui beberapa gejala yang disebabkan oleh penyakit ini, maka anda harus mengetahui bagaimana cara pengobatannya. Untuk langkah awal, anda dapat meminum cairan oralit ataupun meminum obat yang dapat mengehentikan diare. Selain itu, anda juga harus mencuci tangan menggunakan sabun anti kumar dari Lifebuoy setelah melakukan buang air besar dan sebelum makan.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.