Syarat Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah Agar Disetujui Bank

Rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Memiliki hunian yang layak mutlak diperlukan oleh semua orang. Tetapi untuk membeli atau membangun rumah secara cash bukan merupakan hal yang mudah. Untuk itu, kredit pemilikan rumah menjadi solusinya. Beberapa bank telah menawarkan layanan kredit rumah ini bagi setiap orang yang memiliki kemampuan financial yang memadai. Maksudnya adalah setiap orang yang ingin mengajukan KPR setidaknya harus memiliki gaji tetap yang stabil dan pekerjaan yang jelas. Dalam beberapa situasi, bank mungkin saja menolak kredit yang diajukan oleh nasabah karena beberapa hal. Agar hal tersebut tidak terjadi, beberapa syarat harus diperhatikan sebelum mengajukan kredit.

Hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja kelengkapan dokumen persyaratan kredi. Untuk mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR), persyaratan umum yang harus dilengkapi adalah fotocopy KTP, kartu keluarga, surat nikah (jika sudah menikah), NPWP, serta rekening tabungan atau rekening koran. Syarat selanjutnya bersifat optional tergantung dari jenis pekerjaan anda. Apabila anda seorang karyawan, anda harus melengkapi surat keterangan kerja dan slip gaji 3 bulan terakhir. Jika anda seorang pekerja professional seperti dokter dan lainnya, anda harus membawa surat ijin profesi/ praktek anda. Persyaratan lainnya perlu dilengkapi jika anda merupakan seorang pengusaha, yang harus dibawa adalah akta pendirian perusahaan, SIUP, TDP, surat keterangan domisili perusahaan, dan laporan keuangan perusahaan anda.

Setelah semua syarat lengkap, sebelum mengajukan kredit perlu diingat bahwa bank hanya menyetujui pengajuan kredit bila anda memiliki kondisi keuangan yang baik. Jadi sebaiknya anda memperbaiki performa keuangan anda, atau anda harus mengajukan kredit saat kondisi keuangan anda sedang baik dan stabil. Selanjutnya setelah anda siap untuk mengajukan kredit, anda harus ingat kemampuan bayar anda. Pilihlah kredit denagn tagihan bulanan yang sesuai dengan budget anda, pastikan tagihan tersebut tidak membebani keuangan anda tiap bulannya. Beberapa bank yang mengajukan kredit pemilikan rumah seperti BTN biasanya akan memberitahu secara rinci tagihan yang harus dibayar, jadi persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.