Panduan Cara Menggunakan Kalkulator KPR BTN

Kalkulator KPR merupakan sebuah gambaran proses tentang Kredit Pemilikan Rumah atau KPR yang sebenarnya wajib untuk dilakukan setiap nasabah atau calon nasabah yang berencana membeli satu rumah impian dengan menggunakan sistem KPR. Dimana dalam proses simulasi kredit rumah ini juga akan dilakukan pihak yang memberikan kredit atau yang dikenal dengan kreditur (umumnya pihak bank) dengan nasabah yang mengajukan permohonan kredit atau pinjaman pembelian rumah yang menggunakan fasilitas kredit KPR. Dengan cara menggunakan kalkulator KPR BTN dinilai nasabah akan lebih memahami besaran angsuran yang harus diselesaikannya.

Baca Juga: Cara Mengajukan KPR Rumah di Bank Tabungan Negara Agar Disetujui

Pihak developer atau pun pemilik rumah bukan hanya akan terlibat ke dalam simulasi KPR ini. Hal ini dikarenakan pihak tersebut di kemudian hari menjadi pihak yang berdiri sebagai seorang penerima dan juga mendapatkan sejumlah dana pembayaran dari Anda sebagai kreditur. Kemudian sesuai apa yang dijanjikan atau adanya kesepakatan seperti yang sebelumnya sudah dibuat, pihak peminjam kredit (nasabah) akan mendapatkan sebuah kewajiban untuk melunasi angsuran kredit dengan cara menggunakan sistem angsuran.

Salah satu yang menyediakan fasilitas kalkulator KPR yaitu bank BTN yang menyediakan juga fitur-fitur pembelian rumah dengan menggunakan sistem KPR. Pinjaman KPR yang diberikan oleh bank BTN untuk sekarang ini saja masih menggunakan suku bunga anuitas yang dapat Anda hitung dengan menggunakan bantuan kalkulator dalam website resmi bank BTN. Namun bagaimanakah tips menggunakan kalkulator KPR BTN?

Ini Caranya untuk Menggunakan Kalkulator KPR

Cara menggunakan kalkulator KPR BTN adalah dengan terlebih dahulu menyediakan informasi yang meliputi jumlah kredit atau pinjaman pembelian rumah, jangka waktu pinjaman dan bunga pinjaman. Selanjutnya akan diperoleh hasil angsuran yang semestinya dibayarkan setiap bulan. Dapat juga dari kalkulator tersebut Anda menghitungnya dengan menggunakan formula angsuran BTN sesuai rumus yang biasa digunakan yaitu maksimal kredit x constanta anuitas dibagi dengan 12. Adapun constanta anuitas dapat Anda lihat melalui tabel anuitas, Anda harus mencocokkan jangka waktu dengan tingkat dari suku bunga pinjaman Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui berapa besar angsuran KPR yang harus Anda bayarkan setiap bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *